AS Ambil Alih Posisi China Sebagai Negara dengan <i>Hash Rate</i> Tertinggi di Dunia
AS kini menjadi negara dengan penambangan bitcoin terbesar di dunia. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Amerika Serikat telah mengambil alih posisi China sebagai negara yang menyumbang bagian terbesar dari penambangan bitcoin dunia. Data yang diterbitkan pada Rabu 13 Oktober oleh Pusat Keuangan Alternatif Cambridge Inggris menunjukkan hal ini.

Angka-angka tersebut menunjukkan dampak tindakan keras terhadap perdagangan dan penambangan bitcoin yang diluncurkan oleh Dewan Negara, atau kabinet China, pada akhir Mei lalu, yang menghancurkan industri dan menyebabkan para penambang “tutup toko” atau pindah ke luar negeri.

Data tersebut juga menunjukkan pangsa China atas kekuatan komputer yang terhubung ke jaringan bitcoin global, yang dikenal sebagai "tingkat hash", telah turun menjadi nol pada Juli dari 44% pada Mei, dan sebanyak 75% pada 2019.

Penambang di tempat lain telah mengambil kelonggaran tersebut, dengan produsen rig pertambangan mengalihkan perhatian mereka ke Amerika Utara dan Asia Tengah dan penambang China yang lebih besar juga bergerak, meskipun proses ini penuh dengan kesulitan logistik.

Akibatnya, Amerika Serikat sekarang menyumbang bagian pertambangan terbesar, sekitar 35,4% dari tingkat hash global pada akhir Agustus. Data juga menunjukkan Kazakhstan dan Rusia pada posisi berikutnya.

Bitcoin dibuat atau "ditambang" oleh komputer bertenaga tinggi, biasanya di pusat data di berbagai belahan dunia, yang bersaing untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks dalam proses yang menggunakan listrik secara intensif.

Biaya energi Rusia yang rendah dan iklim yang sejuk memungkinkan beberapa perusahaan menggunakan kelebihan listrik untuk mendapatkan keuntungan dari lonjakan harga bitcoin awal tahun ini, tetapi kekhawatiran berkembangnya penambangan ilegal.

Dalam sebuah surat kepada pemerintah di Moskow pada akhir September, Igor Kobzev, gubernur wilayah Irkutsk Rusia, menunjuk pada "pertumbuhan seperti longsoran" tarif energi, menyalahkan penambangan cryptocurrency bawah tanah.

"(Situasi) semakin diperburuk oleh larangan penambangan yang diberlakukan oleh otoritas China dan relokasi sejumlah besar peralatan ke wilayah Irkutsk," kata Kobzev dalam surat itu, menurut laporan harian Vedomosti, Rabu 13 Oktober.

Pihak berwenang di tempat lain lebih toleran atau bahkan menyambut penambangan bitcoin, sementara otoritas China mengumumkan aturan yang lebih ketat untuk penambangan dan perdagangan bitcoin bulan lalu.

"Fokus kami saat ini adalah mempercepat pembangunan peternakan pertambangan yang sesuai di Amerika Utara dan Eropa," seorang perwakilan pembuat rig pertambangan Ebang International Holdings mengatakan kepada Reuters setelah tindakan keras terbaru.  Tetapi para pemain industri ini tetap memar.

“Sebagai seorang veteran yang menyaksikan kelahiran industri di China, saya merasa situasi hari ini menyedihkan,” kata Mao Shihang, pendiri F2Pool, yang pernah menjadi kumpulan penambangan bitcoin terbesar di dunia, dan salah satu pendiri Cobo, aset kripto yang berkantor pusat di Singapura.

"China kehilangan pangsa kekuatan komputasinya ... pusat gravitasi industri bergeser ke Amerika Serikat," katanya, berbicara sebelum data Cambridge diterbitkan.