Harga Selangit  Gim Jadul Mario Bros Diduga Hanya Penipuan, Wata Games dan Heritage Auctions Pelakunya
Gim jadul Mario Bros, sempat terjual dalam harga jutaan dolar AS. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Lonjakan nilai kartrid video game Nintendo retro baru-baru ini diduga akibat penipuan oleh perusahaan pemeringkat Wata Games dan perusahaan lelang barang koleksi Heritage Auctions. Sepanjang tahun, salinan mint dari game vintage seperti The Legend Of Zelda dan Super Mario Bros asli telah terjual di pelelangan jutaan dolar, memecahkan rekor dunia segera setelah rekor baru dibuat.

Ledakan harga game retro ini dimulai pada bulan Maret, di mana salinan Super Mario Bros yang belum dibuka terjual lebih dari 310.000 dolar AS. Setelah itu, salinan NES R awal yang disegel dari The Legend Of Zelda memecahkan rekor untuk Game Termahal dengan label harga akhir 870.000 dolar AS pada bulan Juli. Kedua game ini dijual di Heritage Auctions, yang telah melelang peninggalan sejarah game yang tak ternilai harganya seperti prototipe konsol Nintendo PlayStation yang belum diproduksi.

Seperti dilansir VGC, jurnalis Karl Jobst baru-baru ini memposting video mengejutkan di YouTube yang mengklaim bahwa Heritage Auctions telah menjadi bagian dari skema untuk menaikkan harga kartrid video game lama untuk meningkatkan keuntungan.

Dia mengklaim bahwa salah satu pendiri Heritage Jim Halper dan presiden dan CEO Wata Games Deniz Kahn adalah orang-orang yang memimpin operasi penipuan ini. Direktur Wata secara artifisial meningkatkan nilai game yang telah mereka nilai.  Selain itu, sangat sedikit game yang dijual di Heritage Auctions yang benar-benar dibeli oleh kolektor game.

Heritage Auctions sejak itu membantah tuduhan ini, dengan juru bicara mengklaim bahwa video Jobst berisi "banyak salah saji." Seorang juru bicara perusahaan dari Wata Games memberikan pernyataan berikut kepada Screen Rant.

"Wata Games adalah pemimpin tepercaya dalam penilaian video game tertagih dan kami merasa terhormat untuk memainkan peran kunci dalam industri yang sedang berkembang pesat ini yang sangat kami sukai.

Kami merasa rendah hati dengan dukungan dari ribuan pelanggan kami yang mempercayai kami untuk menyediakan penilaian yang akurat dan transparan. Klaim dalam video ini sama sekali tidak berdasar dan memfitnah dan sangat disayangkan bahwa Tuan Jobst tidak menghubungi kami untuk memberi kami kesempatan untuk mengoreksinya."

Heritage Auctions bukan satu-satunya rumah lelang yang menjadi berita utama dengan menjual salinan video game retro yang terkenal. Awal bulan ini, salinan lain dari Super Mario Bros asli memecahkan rekor dengan harga akhir 2 juta dolar AS setelah perang penawaran di situs koleksi saingan Rally - tidak lama setelah lelang Heritage's Legend Of Zelda. Sesaat sebelum itu, eBay menetapkan rekor harga yang diminta untuk kartrid game dengan salinan emas Nintendo World Championships senilai 1 juta dolar AS.

Lonjakan harga lelang akhir baru-baru ini untuk game jadul seperti Super Mario Bros dan The Legend Of Zelda telah mengejutkan banyak orang. Jika tuduhan Karl Jobst benar, maka sepertinya beberapa cerita paling gila yang keluar dari sirkuit lelang game, seperti kartrid Legend Of Zelda yang memecahkan rekor, bisa jadi merupakan hasil penipuan.