Ini Dia Kaset Gim Super Mario Bros Termahal di Dunia, Harganya Rp 9,5 Miliar
Kaset Gim Super Mario Bros (dok. Heritage Auctions )

Bagikan:

JAKARTA – Siapa sangka, kaset gim lawas Super Mario Bros laku terjual dengan harga 660 miliar dolar AS atau setara Rp9,5 miliar (kurs Rp14.500). Dengan harga itu, kaset Super Mario Bros lawas ini memecahkan rekor sebagai gim termahal di dunia.

Sejatinya, kaset gim Super Mario Bros itu dilelang dengan harga 310.000 dolar AS atau sekitar Rp4,5 miliar. Namun harga kaset itu meroket drastis setelah mendapat skor penilaian 9,6 dengan kondisi A+.

Pihak Heritage Auctions mengatakan, kaset gim ini merupakan dibeli sebagai hadiah Natal pada 1986. Menurut sang pemilik, kaset gim itu tak pernah dibuka maupun dimainkan sejak pertama kali diterima.

"(Game) itu tetap tersimpan di laci meja kantor saya sejak pertama kali dibeli. Bahkan saya hampir lupa kalau kaset itu pernah ada,” kata sang pemilik yang merahasiakan identitasnya sebagaimana dikutip dari Forbes, Selasa 6 April.

Melansir dari Endgadget, ini merupakan kaset gim tertua dengan kondisi (MISB) atau Mint In Sealed Box yang artinya kaset Super Mario Bros masih dalam kondisi baru, dengan segel pertama dari pabriknya dan tidak pernah dibuka sama sekali. 

Bahkan menurut WATA Games, kaset gim ini diketahui merupakan salah satu versi paling awal edisi terbatas untuk konsol Nindendo Entertaintment System (NES) yang dirilis pada akhir tahun 1986. Di mana hanya ada 11 varian kotak yang berbeda. 

Di sisi lain, kaset gim ini juga mematahkan rekor lelang sebelumnya yang laku terjual seharga 156 ribu dolar AS atau sekitar Rp2 miliar. Rekor tersebut dipegang oleh kaset gim Super Mario Bros 3 yang rilis pada 1990.

Menurut Auction Heritage yang mengadakan lelang, kaset-kaset gim ini berhasil terjual dengan harga mahal karena sejumlah faktor. Salah satunya adalah gim ini memiliki desain boks yang terbilang langka.

"Permintaan untuk gim ini sangat tinggi, bilamana memang ada yang dijual lag i maka kemungkinan besar banderol harganya akan serupa dengan yang saat ini," ucap Valarie McLeckie, Heritage Auctions Video Games Director, di dalam keterangan resminya.