Layanan Pengiriman Uang Asal Korea Selatan Gabung Ripple, Harga XRP Naik?
Perusahaan layanan pengiriman uang gunakan jaringan Ripple (Coinscreed)

Bagikan:

JAKARTA – Penyedia layanan transfer uang asal Korea Selatan Global Money Express Co. Ltd (GME Remittance) telah menggunakan jaringan Ripple guna mempercepat proses pengiriman uang antar negara. Perusahaan asal Korsel itu juga sudah terhubung dengan bank besar asal Thailand, Siam Commercial Bank dalam penggunaan RippleNet.

Dilansir dari CoinDesk, Ripple berfokus pada kawasan Asia yang merupakan wilayah yang memiliki pertumbuhan transaksi tercepat dengan pertumbuhan 130 persen dri tahun ke tahun.

Kerja sama perusahaan pengiriman uang terbesar asal Korsel tersebut merupakan bagian dari kemitraan yang digagas SBI Holdings dengan Ripple atau biasa dikenal sebagai SBI Ripple Asia yang berupaya memfasilitasi proses pengiriman uang dari warga negara Thailand yang berada di Korsel. Hingga saat ini warga negara Thailand yang tinggal di Negeri Ginseng tersebut sebanyak 184.000 orang.

Perusahaan tersebut juga berupaya untuk terus terkoneksi dengan para pelanggan RippleNet yang sudah terlebih dulu bergabung ke dalam jaringan guna memperluas cakupan transfer uang, baik ke seluruh kawasan Asia maupun global yang meliputi AS dan Eropa.

Pihak Ripple sendiri berpendapat bahwa sistem pembayaran yang dibentuk oleh lembaga keuangan dan bank besar sudah “ketinggalan zaman, tidak teratur, dan terfragmentasi.” Jaringan Ripple hadir untuk memperbaiki permasalahan tersebut dengan menawarkan solusi baru yang berbasis teknologi blockchain.

Pihak GME Remittance sendiri mengungkapkan kerja sama denga RippleNet memberi keuntungan bagi perusahaan karena mampu mempersingkat waktu pengiriman dengan efisien.

“Kami memilih Ripple sebagai mitra kami karena dengan RippleNet kami dapat meluncurkan ke negara-negara baru dengan mitra baru dalam waktu 1-2 minggu,” ungkap Subash Chandra Poudel, direktur di GME Remittance.

“Ini secara drastis mengurangi waktu untuk memasarkan dan memberi kami keunggulan dibandingkan dengan pesaing kami,” tambah Subash sebagaimana dikutip dari CoinDesk.

Hingga berita ini ditulis, harga koin Ripple XRP diperdagangkan di Rp12.832. XRP merupakan mata uang kripto terbesar keenam berdasarkan kapitalisasi pasarnya di bawah Cardano, sebagaimana laporan data dari CoinMarketCap.

Terkait