Siap-siap, Ripple Masuk Indonesia dengan Layanan Transfer Uang Instan
Aset kripto XRP milik Ripple. (Foto; Dok. Coinmotion)

Bagikan:

JAKARTA - Ripple Labs, perusahaan kripto terkemuka yang fokus pada pembayaran lintas batas (cross-border) dilaporkan mulai merambah ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sebelumnya, Ripple telah menjalin kerja sama strategis dengan SBI Remit, salah satu bagian dari SBI Group, perusahaan jasa keuangan terkemuka asal Jepang.

Kolaborasi Ripple dan SBI Remit ini bertujuan untuk memberikan layanan pengiriman uang internasional yang inovatif ke Filipina, Vietnam, dan Indonesia dengan menggunakan aset digital XRP.

Keputusan ini akan membawa angin segar bagi masyarakat di ketiga negara tersebut, yang akan dapat menerima maupun mengirim uang secara instan ke berbagai negara. Menurut pernyataan dari SBI, perusahaan gabungan antara SBI Holdings dan Ripple akan memulai layanan ini secepatnya.

"Kami akan mulai menyediakan layanan pengiriman uang internasional menggunakan aset kripto XRP ke rekening bank di Filipina, Vietnam, dan Indonesia mulai bulan ini," ujar SBI.

Dalam kerja sama ini, SBI Remit akan bertugas mengirimkan permintaan pengiriman uang dari pelanggan, sedangkan Ripple Labs akan meresponsnya dengan mengirimkan XRP secara real-time. Mitra tujuan pengiriman uang ke luar negeri adalah Tranglo, sebuah perusahaan terkemuka dalam industri transfer dana. Dengan kolaborasi ini, pelanggan akan dapat menerima pengiriman uang dalam bentuk mata uang lokal yang sah.

Mengapa Filipina, Vietnam, dan Indonesia menjadi pilihan? Menurut SBI, yang mengelola aset senilai 138 miliar dolar AS (setara Rp2,1 kuadriliun), ketiga negara ini terpilih karena tingkat penerimaan pengiriman uang di sana cukup tinggi dan terus mengalami peningkatan.

"Kami akan memperluas jangkauan layanan pengiriman uang internasional menggunakan XRP ini ke rekening bank di Filipina, Vietnam, dan Indonesia. Di negara-negara ini, pangsa pengiriman uang ke rekening bank cukup tinggi, dan kami berharap pengenalan ini akan semakin cepat di masa depan," jelas SBI.

Dengan memanfaatkan kripto XRP sebagai mata uang perantara, pengiriman uang akan menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, XRP juga dikenal memiliki skalabilitas yang sangat baik, memungkinkan pengiriman uang ke mitra Ripple di seluruh dunia dengan mudah.

Hal ini diyakini akan memperkuat daya saing Ripple Labs dalam bisnis pengiriman uang internasional. Saat artikel ini ditulis, nilai XRP berada di level Rp7.676, performa harganya mengalami penurunan 0,1 persen selama 24 jam terakhir menurut data Coingecko.