Starliner Milik Boeing Tunda Peluncuran ke Luar Angkasa,  Ini Penyebabnya
Starliner terpaksa ditunda peluncurannya karena adanya badai magnetik. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Boeing telah menunda peluncuran uji coba kapsul astronot Starliner tanpa awak. Penundaan itu disebabkan oleh masalah teknis yang muncul setelah badai petir pada Senin, 2 Agustus. Tim misi sedang mencari tahu apakah masalah itu dapat diselesaikan tepat waktu untuk peluang peluncuran Starliner berikutnya pada Rabu, sekitar tengah hari, tetapi Boeing mengesampingkannya pada Selasa malam.

“Kami akan membiarkan data memimpin pekerjaan kami,” kata manajer Starliner Boeing John Vollmer dalam sebuah pernyataan. “Tim kami telah bekerja dengan rajin untuk memastikan keselamatan dan keberhasilan misi ini, dan kami tidak akan meluncurkan sampai kendaraan kami berkinerja baik dan tim kami yakin siap untuk terbang.”

Selama pemeriksaan teknik rutin sehari sebelum peluncuran Starliner yang direncanakan, para insinyur melihat posisi beberapa katup dalam sistem propulsi Starliner muncul tidak pada tempatnya, kata Boeing, menambahkan bahwa masalah itu terdeteksi "setelah badai listrik kemarin di wilayah Kennedy Space Center."

Starliner dijadwalkan untuk diluncurkan di atas roket United Launch Alliance Atlas V pada hari Selasa pukul 13:20 ET. Tetapi sekarang, setelah para insinyur menghabiskan sebagian besar hari Selasa untuk menyelidiki masalah ini. Boeing mengatakan langkah selanjutnya akan melibatkan peluncuran roket Starliner kembali ke menara integrasinya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mengesampingkan kesalahan perangkat lunak sebagai penyebab kesengsaraan katup Starliner, Boeing telah mengindikasikan bahwa misteri itu terletak di suatu tempat di perangkat keras pesawat ruang angkasa. Insinyur "telah mengesampingkan sejumlah penyebab potensial, termasuk perangkat lunak," menurut perusahaan.

Waktu tambahan diperlukan untuk menyelesaikan penilaian dan, sebagai hasilnya, NASA dan Boeing tidak melanjutkan peluang peluncuran cadangan hari Rabu.

Peluncuran Starliner adalah misi uji coba tanpa manusia di dalamnya. Misi ini siap untuk terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), mendemonstrasikan prosedur docking yang bersih, dan tetap merapat selama kira-kira sepuluh hari sebelum kembali ke Bumi.

Misi itu dilakukan lebih dari satu setengah tahun setelah uji coba Starliner orbital pertama Boeing gagal mencapai stasiun dan kembali ke rumah lebih awal dari yang direncanakan pada 2019.

Scrub” (istilah untuk penundaan), peluncuran pada Selasa, menandai yang kedua untuk Starliner sejauh ini. Pesawat ruang angkasa itu awalnya akan terbang ke luar angkasa pada hari Jumat, 30 Juli.

Akan tetapi kecelakaan yang melibatkan modul sains baru Rusia di ISS memaksa Boeing untuk menunda peluncuran hingga Selasa karena NASA memastikan stasiun ruang angkasa itu aman dan siap untuk kedatangan pesawat ruang angkasa baru. Tidak jelas kapan Boeing dan NASA akan siap untuk mencoba meluncurkan Starliner lagi.