Bagikan:

JAKARTA - Boeing kembali mengalami penundaan dalam upaya kedua mereka meluncurkan kapsul ruang angkasa Starliner untuk uji coba perdana dengan astronot NASA di dalamnya. Ini terjadi, setelah sistem komputer menghentikan peluncuran otomatis beberapa menit sebelum lepas landas.

Penundaan ini menambah daftar panjang masalah teknis yang berhasil diatasi oleh tim darat sebelumnya selama hitungan mundur, namun akhirnya mengakibatkan penundaan tak tentu untuk uji coba yang sangat dinanti dan sudah lama tertunda ini.

Jendela peluncuran berikutnya untuk misi ini adalah Minggu siang waktu setempat, tetapi NASA menyatakan pada hari Sabtu bahwa para pejabat misi akan melewatkan kesempatan tersebut tanpa menetapkan tanggal baru. Kesempatan peluncuran berikutnya tersedia pada Rabu, 5 Juni, dan Kamis, 6 Juni.

"Kami hampir berhasil hari ini," kata Steve Stich, manajer program kru komersial NASA. "Saya tahu ini sedikit mengecewakan, kita semua bersemangat. Beginilah sifat penerbangan antariksa," tambahnya.

Penundaan pada  Sabtu dipicu oleh komputer di landasan peluncuran roket Atlas V yang mengoordinasikan momen-momen terakhir sebelum lepas landas. Kapsul Starliner tampaknya dalam kondisi baik, kata para pejabat.

Pada konferensi pers setelah penundaan, eksekutif dari Boeing dan United Launch Alliance (ULA), perusahaan patungan antara Boeing dan Lockheed Martin yang memiliki roket Atlas V, berharap tinjauan terhadap komputer pada Sabtu malam akan memungkinkan peluncuran pada hari Minggu.

"Kami akan mengambil kesempatan itu atau yang berikutnya," kata Mark Nappi, wakil presiden Boeing, kepada wartawan.

NASA menyatakan bahwa keputusan untuk melewatkan kesempatan peluncuran pada hari Minggu diambil untuk "memberi tim waktu tambahan" untuk menilai masalah tersebut.

Peluncuran awak pertama CST-200 Starliner ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dengan dua astronot di dalamnya, tetap menjadi tonggak penting bagi Boeing dalam upayanya mendapatkan pangsa bisnis NASA yang saat ini didominasi oleh SpaceX milik Elon Musk.

Kapsul Starliner yang berbentuk seperti permen karet siap meluncur dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, di atas roket Atlas V. Namun dengan tiga menit dan 50 detik tersisa pada hitungan mundur setelah "go" terakhir untuk peluncuran diberikan oleh direktur penerbangan, sistem komputer darat memicu perintah pembatalan otomatis yang menghentikan urutan peluncuran, menurut para pejabat misi.

CEO ULA, Tory Bruno, mengatakan penyebab utama kemungkinan adalah "masalah perangkat keras atau masalah komunikasi jaringan" antara tiga komputer yang mengontrol sistem peluncuran otomatis.

Upaya pertama Boeing untuk mengirim Starliner tanpa awak ke stasiun luar angkasa pada tahun 2019 gagal karena masalah perangkat lunak dan teknik. Percobaan kedua pada tahun 2022 berhasil, membuka jalan bagi upaya untuk meluncurkan misi uji coba berawak pertama.

Peluncuran pada 6 Mei dihentikan dua jam sebelum waktu peluncuran karena katup tekanan yang rusak di tahap atas Atlas V, diikuti oleh penundaan lebih lanjut karena masalah teknik lainnya yang sejak saat itu telah diselesaikan pada Starliner itu sendiri.

Dua anggota kru, astronot NASA Barry "Butch" Wilmore, 61, dan Sunita "Suni" Williams, 58, telah duduk di kursi mereka di dalam pesawat ruang angkasa selama beberapa jam sebelum aktivitas peluncuran ditangguhkan pada hari Sabtu. Teknisi dengan aman membantu astronot keluar dari kapsul dan menjauh dari menara peluncuran setelah penerbangan dibatalkan, mengembalikan mereka ke tempat karantina mereka untuk menunggu upaya penerbangan berikutnya.

Bukan hal yang aneh dalam industri antariksa untuk menghentikan hitungan mundur pada menit terakhir dan menunda peluncuran selama beberapa hari atau minggu, bahkan ketika malfungsi kecil atau pembacaan sensor yang tidak biasa terdeteksi, terutama dalam pesawat ruang angkasa baru yang menerbangkan manusia untuk pertama kalinya.

Boeing, yang operasional pembuatan pesawat komersialnya dalam kekacauan setelah beberapa krisis, sangat membutuhkan keberhasilan di ruang angkasa untuk proyek Starlinernya, sebuah program yang tertunda beberapa tahun dengan biaya tambahan lebih dari 1,5 miliar dolar AS (Rp24,3 triliun).

Sementara Boeing berjuang, SpaceX telah berkembang menjadi layanan taksi luar angkasa andal untuk NASA, menyediakan satu-satunya cara meluncurkan kru ISS ke orbit dari tanah AS.

NASA, yang mendukung generasi baru pesawat ruang angkasa yang dibangun secara pribadi, melihat Starliner sebagai kendaraan kedua yang penting yang mampu membawa astronot ke dan dari stasiun luar angkasa, serta ke bulan dan akhirnya Mars di bawah program Artemis yang ambisius.

Setelah diluncurkan, Starliner diharapkan tiba di stasiun luar angkasa setelah penerbangan sekitar 24 jam dan berlabuh dengan pos penelitian yang mengorbit sekitar 250 mil (402 km) di atas Bumi. Rencananya adalah dua astronot akan tetap berada di stasiun luar angkasa selama sekitar satu minggu sebelum kembali ke Bumi dengan Starliner untuk pendaratan yang dibantu parasut dan airbag di gurun barat daya AS, yang pertama untuk misi berawak NASA.