Google Permudah Masyarakat Temukan Informasi Layanan Vaksin
Google Indonesia turut membantu memastikan masyarakat dapat mengakses informasi otoritatif dan terbaru seputar virus, vaksin, dan protokol darurat. (dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan vaksin yang diselenggarakan pemerintah maupun pihak lainnya ternyata cukup mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang diluncurkan Google Indonesia dari fitur Trends, pada periode 19 hingga 28 Juli, masyarakat Indonesia banyak yang melakukan pencarian informasi di Google seputar vaksin.

Tidak hanya itu, mereka juga masih mencari terkait informasi COVID-19, protokol darurat, dan kegiatan isolasi mandiri. Diketahui, Google Trends adalah alat untuk melihat tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah pencarian yang diberikan, dimasukkan ke dalam mesin pencari Google relatif terhadap total volume pencarian situs selama periode waktu tertentu.

Saat Pemerintah mengaktifkan proses penerapan vaksinasi skala besar, bersama dengan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) dan Komite Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), Google Indonesia turut membantu memastikan masyarakat dapat mengakses informasi otoritatif dan terbaru seputar virus, vaksin, dan protokol darurat terkini untuk menjaga kesehatan sendiri dan orang lain.

Untuk membantu orang menemukan informasi yang kredibel, Google meluncurkan panel informasi dalam fitur Search yang muncul untuk kueri terkait vaksin COVID. Panel ini memberikan informasi yang terkonsolidasi seperti ringkasan tentang jenis vaksin, efektivitas, keamanan, distribusi, efek samping, dan banyak lagi.

Panel tersebut tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Informasi ini berasal dari sumber otoritatif lokal dan global yang relevan, diantaranya, covid19.go.id, situs Badan Pengawas Obat dan Makanan (pom.go.id), Kementerian Kesehatan RI (kemkes.go.id), Organisasi Kesehatan Dunia (who.int), dan lainnya.

Selain menampilkan lebih dari 157 rumah sakit rujukan COVID-19 dan pusat pengujian di Google Search dan Maps, Google juga menyediakan informasi lokasi lebih dari 1.000 pusat vaksinasi di 70 kota di seluruh Jawa dan menambahkan tombol pendaftaran vaksin di lokasi yang menyediakan registrasi online. Semua fitur ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.