Cari Lokasi Tes dan Vaksin COVID-19 Sekarang Lebih Mudah dengan Google
Cari Lokasi Tes dan Vaksin COVID-19 Sekarang Lebih Mudah dengan Google (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google saat ini menyediakan fitur baru di kolom pencarian, yaitu fitur COVID-19 untuk pengguna seluler. Setiap pengguna bisa mencari lokasi tes dan vaksin COVID-19 terdekat di Google dengan lebih mudah.

Nantinya, setiap pengguna yang melakukan pencarian lokasi tes antigen, PCR, atau melakukan vaksin COVID-19, akan diberi informasi lokasi terdekat serta jenis tes dan vaksin yang tersedia di lokasi tersebut.

Fitur COVID-19 milik Google tersebut baru dirilis pada 22 Desember 2021, sehingga bagi pengguna yang belum melakukan update aplikasi tidak akan bisa menggunakan layanan tersebut.

Adapun fitur COVID-19 merupakan inovasi dari Google ketika varian Omicron semakin merebak dan terus bermutasi. Adanya fitur tersebut bertujuan untuk membantu pengguna melakukan tes dan vaksin COVID-19.

Apabila Anda belum mengetahui cara menggunakan fitur Google untuk mencari lokasi tes dan vaksin COVID-19, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Cara Gunakan Fitur COVID-19 di Google

Untuk bisa menggunakan fitur COVID-19 di Google, pengguna dapat menginstal atau update aplikasi Google yang ada di perangkat smartphone Anda.

Setelah itu, masuk ke dalam aplikasi Google dan tulis "vaksin COVID-19 di dekat saya" untuk mencari lokasi vaksinasi, atau "tes COVID-19 di dekat saya" untuk mencari lokasi tes antigen atau PCR.

Setelah menekan tombol pencarian, pengguna akan mendapatkan daftar apotek atau fasilitas medis yang menyediakan jasa melakukan tes atau vaksin COVID-19.

Saat ingin melakukan vaksinasi, pengguna dapat memilih jenis vaksin tertentu, seperti Sinovac, Johnson and Johnson, Pfizer, AstraZeneca atau lainnya. Nantinya, pengguna akan mendapat keterangan lokasi vaksinasi yang menyediakan jenis vaksin yang Anda inginkan.

Jika sudah menemukan lokasi dan jenis vaksin yang Anda inginkan, pada layar smarphone Anda akan muncul keterangan membuat janji temu atau mendaftar vaksin COVID-19.

Pada menu tersebut pengguna juga bisa mendapatkan kontak dari lokasi vaksin COVID-19 apabila ingin bertanya mengenai proses vaksinasi dan segala hal yang berhubungan dengan vaksin COVID-19.

Setelah itu, pengguna dapat melakukan vaksinasi COVID-19 di lokasi yang sudah Anda temukan dari mesin pencarian Google. Sebelumnya, pengguna diharapkan untuk melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan layanan terbaru dari Google. Pengguna dapat menemukan lokasi tes dan vaksin COVID-19 dengan lebih mudah dan cepat.