Resmi Jadi SATUSEHAT, Yuk Intip Fitur Apa Saja yang Tersedia
Fitur di aplikasi SATUSEHAT (foto: tangkapan layar aplikasi)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi yang biasanya digunakan untuk mengecek sertifikat vaksin terkait COIVID-19 kini telah resmi bertransformasi menjadi aplikasi SATUSEHAT Mobile.

Menurut keterangan resmi di aplikasinya, pembaruan aplikasi dari PeduliLindungi ini mulai berlaku sejak 1 Maret. Jika Anda belum melihat aplikasi SATUSEHAT baru, sebaiknya Anda lakukan pembaruan aplikasi di Play Store maupun App Store.

"PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SATUSEHAT Mobile mulai 1 Maret 2023," kata Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji dalam pengumumannya, dikutip Kamis, 2 Maret.

Selain fitur-fitur yang ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi COVID-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama 'diari kesehatan' yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

Menurut pengumumannya, Setiaji mengatakan bahwa pengguna akan dapat melihat fitur terkait pengukuran berat dan tinggi badan, tekanan darah, gula darah, serta detak jantung. SEtelah empat elemen itu tercatat, aplikasi SATUSEHAT akan memunculkan informasi dalam bentuk kurva dan menganalisisnya untuk merekomendasikan tindakan yang cocok untuk masing-masing pengguna.

"Dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SATUSEHAT Mobile," kata Setiaji.

Anda tidak perlu repot-repot untuk masuk ke aplikasi, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon Anda yang aktif, kemudian masukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui WhatsApp.

Saat ini, berdasarkan pantauan VOI, aplikasi SATUSEHAT memiliki lima fitur di dalamnya, diantaranya adalah Resume Medis, Vaksin dan Imunisasi, Hasil Tes COVID-19, Cari Rawat Inap, dan Pelayanan Kesehatan.

Resume Medis

Di sini, Anda dapat memantau riwayat pemeriksaan Anda, seperti riwayat test lab dan radiologi, riwayat obat, dan juga riwayat vaksin. Setelah itu, Anda juga akan menemukan catatan dokter mengenai rekam medis Anda serta penanganan lebih lanjutnya. Anda juga akan diberikan informasi terkait obat-obatan yang akan Anda konsumsi nanti,

Vaksin dan Imunisasi

Seperti fungsi aplikasi PeduliLindungi sebelumnya, di fitur ini Anda akan menemukan beberapa menu vaksin, seperti riwayat vaksin COVID-19 Anda, tiket vaksin untuk mendapatkan Booster, Vaksin non-Indonesia (saat ini masih dalam perbaikan), dan verifikator check-in.

Hasil Tes COVID-19

Mirip seperti fitur Vaksin dan Imunisasi, di tab Hasil Tes COVID-19 ini Anda hanya akan dapat melihat apakah hasil tes COVID-19 Anda positif atau negatif.

Cari Rawat Inap

Di sini, Anda bisa mencari fasilitas rumah sakit yang masih tersedia kamar untuk rawat inap. Anda hanya perlu memasukkan beberapa informasi seperti apakah Anda butuh kamar sebagai pasien COVID-19 atau bukan, kemudian tentukan provinsi dan Kota/kabupaten yang ingin Anda cari. SATUSEHAT kemudian akan menampilkan rumah sakit mana saja yang menerima pasien rawat inap beserta ketersediaan kamar dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Pelayanan Kesehatan

Terakhir, fitur ini berguna untuk melakukan pendaftaran ke rumah sakit. Adapun pendaftaran yang tersedia adalah pendaftaran lab untuk pemeriksaan PCR dan Antigen.