Amazon Umumkan Penonaktifan Kindle Model Lama Gara-Gara Jaringan 3G Tak Digunakan Lagi
Aplikasi baca buku Kindle, dengan jaringan 3G sudah tak sesuai lagi dengan kondisi jaringan di AS. (foto: Perfcto Capucine/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat Kindle lama yang menggunakan konektivitas 3G akan kehilangan akses ke internet untuk mengunduh konten baru akhir tahun ini. Ini tentu bukan kabar baik, bagi penggemar aplikasi baca buku elektronik itu.

Ketika Amazon pertama kali memperkenalkan Kindle pada tahun 2007, dunia membaca, berubah selamanya. Beberapa tahun terakhir banyak model Kindle baru bermunculan. Tetapi beberapa Kindle lama akan kehilangan akses internet akhir tahun ini.

Seperti pertama kali dilaporkan oleh The Verge, Amazon telah mengirimi beberapa pemilik Kindle di AS email pemberitahuan yang menyatakan mereka bahwa perangkat mereka akan segera kehilangan akses internet. Amazon menjelaskan bahwa perangkat akan kehilangan akses internet akhir Desember tahun ini.

Amazon hanya mengirim email ke pemilik beberapa model Kindle yang cukup lama atau pemilik model aslinya. Hanya perangkat yang menggunakan 3G namun bukan Wi-Fi yang akan kehilangan akses internet.

Aplikasi baca buku Kindle dengan jaringan 3G tak bisa dipakai online. 

 

Rincian email bahwa pergeseran terjadi ketika jaringan seluler menghapus jaringan 2G dan 3G, dan beralih sepenuhnya ke 4G dan 5G. Perlu juga dicatat bahwa perubahan ini hanya berlaku untuk jaringan seluler AS, dan semua Kindle di AS.

Hanya beberapa perangkat Kindle yang akan terpengaruh oleh perubahan ini. Kindle generasi pertama dan kedua, dan Kindle DX semuanya akan kehilangan koneksi internet sepenuhnya, karena mereka hanya mengandalkan koneksi 3G.

Keyboard Kindle (Gen ke-3), Kindle Touch (Gen ke-4), Kindle Paperwhite (Gen ke-5, ke-6, dan ke-7), Kindle Voyage (Gen ke-7), dan Kindle Oasis (Gen ke-8) juga akan kehilangan akses seluler, tetapi masih akan dapat terhubung ke Wi-Fi.

Meskipun Amazon tidak mencantumkannya, model Kindle apa pun yang lebih baru dari itu tidak akan terpengaruh, karena hanya memerlukan koneksi Wi-Fi.

Dalam email tersebut, Amazon menjelaskan bahwa pengguna masih dapat mengakses konten apa pun yang ada di perangkat mereka. Perlu diingat bahwa pengguna masih dapat mentransfer buku ke Kindle jika mereka menghubungkannya ke komputernya.

Untungnya, Amazon mengirimkan kode diskon 50 dolar AS di email. Pengguna dapat menggunakan diskon untuk Kindle Paperwhite atau Oasis baru, dan juga akan mendapatkan kredit eBook senilai 15 dolar AS.

Meskipun Amazon menjelaskan bahwa pengguna masih dapat mengakses konten yang sudah ada di Kindle yang terpengaruh, perangkat tersebut akan kehilangan sebagian besar fungsinya.

Mampu mengakses buku baru secara teratur adalah bagian dari apa yang membuat Kindle menjadi perangkat yang berguna. Ketika, tidak bisa melakukan itu, maka Kindle tidak lebih berguna dari sebuah buku biasa.