Bagikan:

JAKARTA - Amazon mengumumkan peluncuran Kindle Colorsoft, e-reader berwarna pertamanya, setelah bertahun-tahun pengembangan. Perangkat ini hadir dengan harga 280 dolar AS , bersaing dengan perangkat serupa di Amazon yang dijual dalam kisaran 149 hingga 330 dolar AS. Kindle Colorsoft menggunakan teknologi LED dan inovasi lainnya untuk menghadirkan layar berwarna.

Sebelumnya, Amazon berupaya mengembangkan e-reader berwarna menggunakan teknologi eInk yang digunakan pada Kindle standar, yang dikenal hemat daya. Baterai Colorsoft bertahan sekitar delapan minggu, lebih singkat dibandingkan Kindle Paperwhite generasi terbaru yang dapat bertahan hingga tiga bulan.

Selain Kindle Colorsoft, Amazon juga memperkenalkan Kindle Paperwhite baru dengan layar 7 inci, sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya, serta pembaruan untuk Kindle Scribe, yang memungkinkan pengguna menulis di layar dengan stylus dan mengonversinya menjadi teks yang lebih jelas. Fitur AI pada Kindle Scribe juga dapat mengubah catatan menjadi poin-poin penting.

Amazon masih memimpin pasar e-reader dengan pangsa lebih dari tiga perempat. Meskipun perangkat ini dibangun untuk bertahan bertahun-tahun, Amazon mengklaim mereka menjualnya hampir tanpa laba, dengan keuntungan utama berasal dari penjualan buku dan materi bacaan lainnya.

Lonjakan penggunaan e-reader terjadi selama pandemi COVID-19, ketika banyak perpustakaan tutup namun tetap menawarkan unduhan e-book nirkabel. Kindle Colorsoft akan mulai dikirimkan pada 30 Oktober, sedangkan Kindle Scribe terbaru pada 4 Desember.