Mobil Bunglon, BMW Luncurkan <i>Concept Car</i> yang Warnanya Bisa Sesuai dengan Status Media Sosial Anda
Mobil BMW terbaru warnanya bisa berubah-ubah. (foto: BMW)

Bagikan:

JAKARTA – BMW telah meluncurkan mobil bunglon yang bisa berubah warna. Ini adalah upaya terbaru oleh perusahaan otomotif tersebut untuk menggabungkan kendaraan mereka dengan teknologi mutakhir.

Perusahaan mobil Jerman itu mengatakan telah "menghidupkan bodi mobil" dengan bungkus bodi yang dikembangkan secara khusus untuk model SUV iX all-electrical, yang menggunakan teknologi yang sama dengan e-reader Kindle Amazon.

Dengan satu sentuhan tombol, pengemudi dapat mengubah warna eksterior mobil, yang memungkinkan warna bergeser antara garis hitam dan putih atau bahkan garis terang dan gelap dengan mengaktifkan tinta elektronik di cangkang sampul.

“Anda memutuskan apa yang ingin Anda kenakan, apa status media sosial Anda – dan Anda dapat memutuskan seperti apa mobil Anda,” kata Stella Clarke, pimpinan proyek BMW pada kendaraan tersebut, seperti dikutip The Guardian.

Clarke menambahkan bahwa teknologi tersebut dapat digunakan untuk menemukan mobil dengan membuatnya berkedip ketika pengemudi mencarinya, atau untuk menampilkan kapasitas baterai kendaraan secara eksternal.

Menurut BMW, efeknya dibuat dengan menerapkan muatan listrik ke mikrokapsul – yang mengandung partikel pigmen putih dan hitam – yang tersuspensi dalam cairan yang terbungkus dalam cangkangnya.

Warna berganti-ganti tergantung pada apakah muatan negatif atau positif yang diterapkan, yang menyebabkan pigmen putih atau hitam terkumpul di permukaan mikrokapsul.

Mobil konsep, yang belum tersedia untuk penjualan publik, diresmikan di Consumer Electronics Show (CES) tahunan di Las Vegas, di mana perusahaan otomotif semakin banyak mengiklankan produk mereka bersama pembuat ponsel, gadget, dan layar TV.