Fortnite Luncurkan Dua Anti-Cheat Sekaligus, Halau Pengguna yang Curang
Pengembang gim Fortnite meluncurkan anti-cheat dalam gimnya, Epic Games. (foto: Fortnite)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam sebuah permainan, cara curang atau cheat kerap kali ditemukan. Akan tetapi tentu saja tidak patut dicontoh. Untuk menghalau itu, pengembang gim Fortnite baru saja meluncurkan anti-cheat dalam gimnya, Epic Games.

Melalui laman resminya, Kamis 1 Juli, Epic Games mengaku kini sudah memiliki dua sistem anti-cheat sekaligus yakni Easy Anti Cheat, dan BattlEye. Fortnite juga tak segan-segan kepada pemain jika kedapatan curang maka ia akan dihukum atau banned.

Fortnite mengatakan bahwa mereka tidak akan mengampuni para pemain yang menggunakan program ilegal. Sebab, para cheater ini menghancurkan esensi bermain di dalam gim, serta membuat orang yang bermain secara adil dan kompetitif menjadi tidak nyaman.

Epic Games terbilang serius dalam memberantas penggunaan cheat. Sebelumnya, perusahaan mengatakan bakal memblokir ponsel yang terdeteksi menggunakan file installer APK ilegal dari gim resmi Fortnite untuk selamanya.

Identifikasi perangkat bisa terjadi karena Epic Games dapat melihat unique identifier ponsel yang bersifat permanen dan tak bisa diubah oleh pengguna, seperti nomor IMEI.

Belum lama, Epic Games juga menggugat seorang Youtuber ternama yang menjual cheat semacam aimbot kepada para subscriber mereka. Perusahaan kemudian meminta para Youtuber ini menghapus video yang mempromosikan software tersebut lantaran program semacam itu dilarang berjalan di gim milik Fortnite.

Tidak hanya anti-cheat gratis yang dapat pula diakses pengembang lain, Epic Games juga meluncurkan layanan obrolan suara. Layanan ini ditawarkan sebagai bagian dari suite Epic Online Services studio, yang dapat digunakan dengan mesin gim apa pun.

Keduanya mendukung Windows, Mac, Linux, PlayStation, Xbox, Nintendo Switch, iOS, dan Android. Layanan obrolan suara baru adalah lintas platform dan mendukung obrolan satu lawan satu selama permainan.

Saat menggunakan layanan, data suara diteruskan melalui server back-end Epic, dan teknologi menangani semua penskalaan dan kualitas fitur layanan. Epic mengatakan bahwa teknologinya telah terintegrasi dan diuji dalam pertempuran di Fortnite, yang memberikan jaminan bahwa ia dapat menangani jutaan pemain sekaligus.