Krafton Punya Solusi Cegah Pemain Curang di PUBG Versi India
Kecurangan telah menjadi masalah utama di Battlegrounds Mobile India (BGMI) (foto: Dok. Krafton)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain nakal yang kerap melakukan kecurangan semakin banyak ditemukan di gim multiplayer online. Meski telah diblokir, mereka akan kembali dengan akun baru. Kini Krafton punya solusinya.

Kecurangan telah menjadi masalah utama di Battlegrounds Mobile India (BGMI) alias versi lokal PUBG Mobile. Krafton terus-menerus melarang akun pemain karena curang untuk memastikan pengalaman bermain yang adil bagi pemain lain.

Untuk mengatasi masalah ini, Krafton akan secara permanen melarang perangkat dan akun pemain yang ketahuan curang untuk agar dapat menghentikan pelanggar berulang. Tetapi, masih harus dilihat bagaimana hal ini memengaruhi kasus kecurangan di BGMI.

“Jika penggunaan program ilegal terdeteksi dengan perangkat seluler oleh logika keamanan yang baru saja diterapkan, perangkat tersebut akan dilarang secara permanen menggunakan BGMI," ungkap Krafton, seperti dikutip dari 91Mobiles, Selasa, 28 Desember.

"Sebelumnya, sanksi hanya diberikan ke pemilik akun, tetapi sekarang perangkat seluler juga akan dilarang, membuat gameplay yang adil jauh lebih efektif," imbuhnya.

Ini bukan pendekatan baru untuk bermain gim. Pasalnya, gim PC seperti Valorant juga lebih dahulu mengeluarkan larangan hardware untuk cheater yang menggunakan software anti-cheat Vanguard. Pendekatan serupa terbukti efektif dalam BGMI.

Namun, pengembang alat cheating pihak ketiga telah menemukan cara untuk melewati tindakan anti-cheat serta larangan perangkat keras di gim PC, yang mungkin juga terjadi pada BGMI.

Dengan larangan perangkat, BGMI sekarang diharapkan memiliki lebih sedikit cheater. Mengatasi masalah seperti kecurangan membutuhkan teknologi yang berkembang, dan kini telah diadopsi oleh Krafton.