PUBG Mobile Kembali Diizinkan Beroperasi di India
Poster PUBG Mobile (Tencent)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sempat diblokir, game PUBG Mobile dikabarkan akan kembali diizinkan untuk beroperasi di India. PUBG Corporation mengatakan akan menyesuaikan beberapa aspek permainan dengan ketentuan budaya setempat. 

Melansir The Verge, game bergenre battle royale ini sempat diblokir pemerintah India pada September lalu. Sejak saat itu pihak Tencent games selaku pengembang dan distributor permainan tersebut tak diizinkan beroperasi di India. 

Alhasil game tersebut ditarik dari peredaran pada 30 Oktober. Namun beberapa orang yang memasang game ini di ponsel Android dan iOS, tetap bisa bermain selewat tanggal tersebut.

Rencananya, versi terbaru dari game ini akan mengusung nama baru PUBG Mobile India yang secara khusus telah disesuaikan dengan kebutuhan gamer di negara tersebut. Meski begitu belum diungkapkan, kapan platform game tersebut akan kembali diluncurkan. 

PUBG Corporation mengatakan perubahan ini dimaksudkan untuk membawa peningkatan terhadap konten di game dan memenuhi kebutuhan lokal. Misalnya dengan memberikan pakaian untuk karakter baru dan mengganti warna darah menjadi hijau.

Selain itu, game ini akan bertempat di 'tempat latihan simulasi virtual', bukan lagi di dunia nyata. PUBG Mobile India juga akan membatasi durasi main game untuk pemain yang masih muda, Senin, 16 November.

PUBG Mobile India juga akan memberikan batasan usia untuk para pemain. PUBG berkomitmen untuk memberikan perlindungan data yang maksimal dan mematuhi aturan yang berlaku di negara tersebut. 

Selain perubahan dari segi konten game, PUBG Corporation dan perusahaan induknya Krafton mengumumkan mereka akan mengguyur investasi sebesar 100 juta dolar AS di India untuk mengembangkan ekosistem video game, esports, hiburan, dan industri teknologi di negara tersebut.

"Berkat antusiasme komunitas yang tinggi untuk esports PUBG di India, perusahaan juga berencana untuk berinvestasi dengan menyelenggarakan event esports eksklusif di India, yang akan membawa turnamen terbesar, hadiah terbesar, dan produksi turnamen terbaik," tulis PUBG Corporations dalam keterangan resminya.

Termasuk, PUBG Corporation berencana mendirikan kantor perwakilan di India untuk mengelola permainan tersebut berjalan, dengan mempekerjakan lebih dari 100 orang untuk memperbaiki layanan dan komunikasi mereka.

Sebelumnya dikatakan, pemerintah India mencekal PUBG Mobile dan ratusan aplikasi asal China lainnya karena alasan keamanan siber dan privasi data pengguna. Dengan kembali diizinkannya PUBG Corporation berjanji akan menjaga privasi dan keamanan gamer di India. 

Dalam keterangannya mereka mengatakan akan mengadakan audit dan verifikasi reguler di sistem penyimpanan yang menyimpan informasi pribadi gamer India untuk meningkatkan keamanan dan memastikan data dikelola dengan aman.