Intip Paten Smartphone Layar Fleksibel Dua Sisi yang Diajukan OPPO
Produk smartphone OPPO yang menggunakan pelat baja super tipis dan tengah menunggu izin paten. (foto:OPPO)

Bagikan:

JAKARTA - OPPO sepertinya sedang menyiapkan inovasi baru. Terlihat, perusahaan ini telah mengajukan paten terbarunya untuk smartphone dengan konsep layar dua sisi melingkar yang fleksibel.

Sebelumnya, OPPO telah mendapat paten untuk konsep smartphone dengan layar tergulung ke samping pada produknya, yakni OPPO X 2021.

Gizmochina, Kamis 1 Juli, melaporkan OPPO telah mengajukan paten ke World Intellectual Property Office (WIPO) atas konsep terbarunya itu. Keterangan pada dokumen itu menyebutkan "Method for assembling and disassembling electronic equipment."

Di mana dokumen paten itu menjelaskan tentang metode perakitan dan pembongkaran layar fleksibel dua sisi yang melingkar. Diketahui, konsep layar itu dibesut oleh Jermaine Smit, dan merupakan hasil kolaborasi dengan LetsGoDigital.

Smartphone dengan konsep layar fleksibel dua sisi melingkar ini tampak memiliki bezel super tipis dan sisi kiri memiliki layar yang melingkar ke belakang. Meskipun layarnya diperpanjang dan dililitkan, tetapi itu tidak melengkung. Ini mirip dengan smartphone Samsung Z yang sudah memasuki pasaran beberapa tahun lalu.

Layar itu terlihat menyudut tajam dan memiliki desain yang tidak pasaran. OPPO mengatakan jika pada smartphone tersebut menggunakan pelat baja super tipis antara layar dan sasis yang memungkinkan layarnya dapat diletakkan, dengan ketebalan yang relatif tipis di kedua sisi secara melingkar.

Untuk bagian belakang smartphone dengan konsep layar fleksibel dua sisi melingkar, render tersebut juga menunjukkan pengaturan kamera belakang. Perangkat ini akan memiliki empat sensor dan flash yang terletak di bawah lensa.

Kamera belakangnya sendiri akan berfungsi sekaligus menjadi kamera depan. Ini dimungkinkan karena layar yang melingkar sampai belakang dapat diatur untuk selfie. Dengan adanya bagian layar di satu sisi bezel, ini membuat pengaturan volume ditempatkan di tepi paling kanan yang dilihat dari bagian depan.

Meski smartphone dengan konsep terbaru dari OPPO ini baru dalam tahap paten, jadi kemungkinan kita harus menunggu dan melihat apakah desain ini akan menjadi smartphone yang dipasarkan secara global.