Samsung Patenkan Desain <i>Smartphone</i> dengan Mekanisme Slider Ganda
Smartphone Samsung dengan mekanisme slider ganda (LetsGoDigital)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, Samsung berencana meluncurkan hingga empat smartphone layar lipat. Perusahaan Korea Selatan tersebut mungkin juga bakal meluncurkan smartphone layar yang dapat digulung berkat paten yang ditemukan oleh LetsGoDigital.

Menurut LetsGoDigital, paten tersebut diajukan pada Maret 2020 di WIPO (World Intellectual Property Office) dan telah resmi dipublikasikan pada 21 Januari 2021.

Dalam paten tersebut menunjukkan desain smartphone dengan slider ganda di mana tampilan bisa ditarik di kedua sisi (kiri dan kanan). Menariknya, perangkat tersebut juga bakal memiliki layar ganda di bagian depan dan belakang yang bisa bergerak secara bersamaan.

Seperti disebutkan di atas, tampilan depan dapat dilipat dan bagian belakang dapat memiliki tampilan kedua atau bahan fleksibel seperti film logam, kain, atau kulit.

Sedangkan untuk mekanisme slider, Samsung telah menggunakan dua roda gigi Switch dan rel roda gigi untuk memindahkan housing di dalamnya.

Rumah di dalam memiliki bingkai tengah tempat layar terlipat bersandar. Laporan itu juga mengatakan bahwa layar akan menjadi 30% lebih besar saat dibuka di kiri dan kanan.

Misalnya, perangkat 6 inci pada umumnya akan menjadi smartphone 8 inci. Untuk melengkapi ini, Samsung berencana untuk menggunakan sistem tautan rantai yang dilapisi dengan foil/penutup fleksibel dan bingkai samping yang dapat bergerak keluar masuk bersamaan dengan layar.

Bagian menarik lainnya adalah bagian belakang (fleksibel) yang bergerak bersama dengan bingkai dan tampilan depan membuatnya unik dari desain smartphone lain yang diperluas.

Untuk selfie, skema paten tidak berisi kamera depan tetapi berbicara tentang integrasi kamera depan/belakang dengan tata letak yang sama. Namun, laporan tersebut menyebutkan kemungkinan Samsung menggunakan layar punch-hole di depan seperti perangkat lipat sebelumnya.

Meski begitu, perangkat ini juga bisa memiliki tata letak kamera belakang Galaxy S21 baru yang memiliki sisi yang tidak rata dengan bingkai.

Ini bukan pertama kalinya kami melihat ponsel slider dari Samsung. Kembali di CES 2020, perusahaan memamerkan ponsel dengan layar yang meluncur keluar dari satu sisi.