Samsung Daftarkan Desain Paten Kamera <i>Selfie</i> Bawah Layar
Ilustrasi smartphone (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini produsen ponsel tengah berpikir bagaimana caranya meminimalisir desain notch atau lubang tempat kamera depan berada. Dan menariknya, Samsung dilaporkan sedang mengerjakan proyek kamera depan di bawah layar.

Mengutip laman Tom's Guide, Selasa 12 Januari, perusahaan asal Korea Selatan itu telah mengajukan sebuah paten ke USPTO yakni kantor paten dan merek dagang di Amerika Serikat (AS). Terlihat dari paten tersebut, Samsung berencana untuk membuat teknologi kamera di bawah layar.

Desain kamera di bawah layar itu diklaim serupa dengan desain yang dimiliki OPPO dan ZTE. Dokumen pada paten tersebut terlihat seperti dua panel yang berbeda dengan lokasi terpisah namun masih terhubung. Bagian layar perangkat juga terlihat matriks standar.

Bocoran paten kamera bawah layar Samsung (Let's Go Digital)

Sementara panel yang lebih kecil berada di sudut kiri atau kanan. Panel yang lebih kecil memiliki transmisi cahaya yang jauh lebih tinggi dan tidak hanya menampung kamera tetapi juga blaster IR dan flash. Panel memiliki resolusi yang lebih rendah untuk membantu lebih jauh transmisi cahaya.

Mengapa terbagi menjadi dua? Ya, karena panel dengan kamera selfie di bawahnya akan memiliki transmisi cahaya yang lebih tinggi dan juga bisa memiliki resolusi yang lebih rendah, memungkinkan lensa untuk bekerja melalui layar.

Desain ini membuat perangkat mirip dengan layar ZTE Axon 20 5G. Potongan bagian kecil di panel memiliki resolusi yang lebih rendah dan memungkinkan lebih banyak cahaya yang melewatinya.

Sayangnya, belum diketahui pasti perangkat apa yang akan disematkan teknologi ini, tidak mungkin kalau itu adalah Galaxy S21, mengingat peluncurannya akan segera tiba minggu ini. Namun, rumornya menunjukkan itu adalah ponsel Galaxy Z Fold 3.