Chipset MediaTek Bakal Usung Fabrikasi Baru Berukuran 6nm
Chipset MediaTek Dimensity (Mediatek)

Bagikan:

JAKARTA - MediaTek, salah satu pembuat chip seluler populer telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menghadirkan fabrikasi chipset terbarunya, pada 20 Januari mendatang. 

Dalam acara peluncuran tersebut, manufaktur chipset asal Tiongkok tersebut bakal mengumumkan chipset baru di bawah jajaran Dimensity. Bertema "Sensation", produk baru tersebut bakal hadir dengan teknologi superior dan pengalaman yang ditingkatkan.

Pengumuman ini sejalan dengan bocoran sebelumnya yang diinformasikan oleh Digital Chat Station bahwa MediaTek kemungkinan akan meluncurkan chipset baru, yakni MT689X pada pertengahan Januari, yang akan menjadi chipset pertama perusahaan yang diproduksi menggunakan proses 6nm.

Sesuai laporan, ada dua chipset Dimensity baru yang akan datang, diproduksi menggunakan proses 5nm atau 6nm. Salah satunya adalah MT6893 yang menggunakan core ARM Cortex-A78 dan core utama memiliki frekuensi tertinggi 3.0GHz.

Sementara untuk sistem pengolah grafisnya, chipset ini bisa hadir dengan GPU Mali-G77. Laporan juga menunjukkan bahwa chipset MediaTek yang akan datang akan memiliki konfigurasi desain yang sama dengan Exynos 1080, yang menggerakkan jajaran Vivo X60 yang baru diluncurkan pekan lalu.

Untuk diketahui, seri prosesor seluler MediaTek Dimensity hadir dengan dukungan teknologi 5G. Sejauh ini, perusahaan telah meluncurkan beberapa model dalam jajaran ini, mulai dari model anggaran hingga kelas menengah premium.

Berkat penjualan yang melonjak, MediaTek menjadi pelanggan terbesar ketiga dari produsen chip TSMC. Baru-baru ini, perusahaan juga dinobatkan sebagai vendor terkemuka untuk chipset smartphone pada Q3 2020, menggeser posisi Qualcomm.