Bagikan:

JAKARTA - Huawei dikabarkan sedang mengembangkan chipset flagship terbaru dengan ukuran yang lebih kecil. Chipset yang diberi nama Kirin 9010 ini rencananya akan digunakan dalam smartphone flagship terbaru Huawei.

Rumor itu datang dari pembocor gadget @RODENT950. Lewat akun Twitternya, ia membagikan informasi mengenai chipset Kirin 9010 yang dibangun dalam fabrikasi berukuran 3nm.

Hal ini cukup mengejutkan, lantaran chipset dengan fabrikasi 5nm masih terbilang baru setidaknya hingga dua tahun ke depan. Tapi Huawei justru mengambil jalannya sendiri untuk membesut chipset berukuran 3nm, sebagaimana dirangkum dari Gizmochina, Senin, 4 Januari.

Tentunya langkah ekstrim Huawei ini akan diikuti juga oleh pabrikan chipset lainnya. Sebab, usai Huawei mengumumkan Kirin 9000, Samsung langsung mengikuti dengan Exynos 1080, yang kemudian disusul Qualcomm Snapdragon 888.

Bocoran selanjutnya dari @RODENT950, mengatakan jika besar kemungkinan chipset Kirin 9010 akan dikenalkan pada kuartal kedua 2021. Artinya, chipset tersebut akan disematkan pada Huawei Mate 50 yang juga diprediksi pada kuartal keempat.

Di sisi lain, belum diketahui perusahaan mana yang akan memproduksi chipset tersebut. Mengingat Huawei yang tidak bisa memesan produksi chip ke TSMC, lantaran masih masuk dalam daftar hitam perdaangan di beberapa negara.  

Sementara pabrik chip Huawei masih belum secanggih itu untuk memproduksi chip 3nm. TSMC juga dikabarkan baru bisa memproduksi chip dengan proses 3nm pada 2022, dan Apple sudah memesan chip 3nm dalam jumlah besar ke perusahaan asal Taiwan ini sebelumnya.