MediaTek Rilis Chipset Dimensity 1100 dan Dimensity 1200
Chipset Dimensity 1100 & Dimensity 1200 (MediaTek)

Bagikan:

JAKARTA - MediaTek mengumumkan dua chipset Dimensity 5G terbarunya, yakni Dimensity 1100 dan Dimensity 1200. Ini adalah penerus chipset Dimensity 1000+ yang dirilis tahun lalu.

Keduanya menampilkan inti ARM Cortex-A78 yang diperbarui dan dibangun di atas proses 6nm TSMC yang lebih baru.

Dalam siaran persnya, MediaTek mengatakan bahwa chipset tersebut memiliki kemampuan AI (Artificial Intelligence), kamera, konektivitas, dan GPU yang diperbarui. Selain itu, kecepatan Dimensity 1200 bisa ditingkatkan hingga 3GHz.

Sedangkan fitur-fitur umum yang ada pada kedua chipset tersebut masih ada. Di antaranya MediaTek APU 3.0 untuk komputasi AI dengan kinerja 10 persen lebih banyak pada Dimensity 1200, dukungan teknologi MediaTek HyperEngine 3.0, panggilan 5G, dan konkurensi data, peningkatan multi-sentuh, penelusuran sinar dalam game dan aplikasi AR, serta penghematan daya super hotspot.

Baik Dimensity 1100 dan 1200 memiliki modem 5G terintegrasi di dalamnya. Mereka juga memiliki teknologi UltraSave khusus perusahaan untuk mengatasi kendala daya 5G yang sangat besar.

Selain itu, chipset tersebut mendukung SA / NSA 5G (sub-6GHz, 5G + 5G Dual-SIM), agregasi operator 2CC di seluruh dupleks pembagian frekuensi (FDD) dan dupleks pembagian waktu (TDD), berbagi spektrum dinamis (DSS).

Perlu dicatat bahwa chipset Dimensity 1200 sudah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland untuk performa 5G-nya yang mencakup 72 skenario dunia nyata. Fitur konektivitas lainnya termasuk Wi-Fi 6 terbaru, GNSS L1 + L5 (navigasi), Bluetooth 5.2.

Beralih ke sisi fotografi, di antara keduanya, MediaTek mengatakan bahwa Dimensity 1200 mendukung kamera tunggal hingga 200MP dan HDR-ISP lima inti dengan dukungan pengambilan video 4K HDR. Sedangkan Dimensity 1100 hanya memiliki dukungan kamera tunggal hingga 108MP.

Kedua chipset tersebut memiliki fitur-fitur umum seperti dukungan kamera ganda 32MP + 16MP. Ditambah dengan peningkatan kinerja AI yang terdiri dari AI-Panorama Night Shot, Multi-Person Bokeh, pengurangan Noise, dan fitur kamera HDR.

Chipset Mediatek terbaru (Mediatek)

Sementara soal tampilan, keduanya mendukung tampilan hingga QHD pada kecepatan refresh 90Hz. Namun, khusus untuk tampilan Full HD+, D1200 bisa mendukung hingga 168Hz sedangkan D1100 terbatas pada kecepatan refresh 144Hz.

Untuk pemutaran video, keduanya sudah mendukung HDR10+, pengkodean AV1 dengan akselerasi perangkat keras. Untuk audio ada audio stereo nirkabel dengan latensi sangat rendah, pengkodean LC3 untuk audio kualitas tinggi, streaming latensi rendah untuk earbud TWS (efisiensi daya).

MediaTek mengatakan bahwa OEM seperti Xiaomi, Vivo, OPPO dan Realme, menunjukkan dukungan untuk menggunakan chipset baru ke perangkat mereka pada akhir Q1 2021.

Di antaranya, Redmi dan Realme telah mengonfirmasi bahwa perangkat yang menjalankan chipset Dimensity 1200 akan segera memasuki pasar dan perangkat Redmi diharapkan menjadi ponsel gaming pertama perusahaan sementara Realme dapat memasukkannya ke dalam Realme X9 Pro.