Chipset Mediatek Dimensity 1200 Bakal Lebih Kuat Dibanding Snapdragon 865
Chipset Dimensity 1000 (MediaTek)

Bagikan:

JAKARTA - MediaTek akan mengumumkan chipset terbarunya akhir bulan ini. Meski informasinya masih sedikit, namun bocoran terkait chip smartphone ini sudah mulai bermunculan di internet.

Menurut Gizmochina, chipset tersebut disebut-sebut sebagai Dimensity 1200. Di artikel sebelumnya sudah kami beritakan bahwa manufaktur chipset seluler asal Tiongkok itu sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan segera menghadirkan fabrikasi chipset terbarunya, pada 20 Januari mendatang.

Chipset ini digadang-gadang akan hadir dengan fabrikasi baru berukuran 6nm. Ya! Bisa dibilang, itu adalah chipset 6nm pertama yang dirancang oleh MediaTek.

Dengan ukurannya yang lebih kecil, chipset baru tersebut akan membawa peningkatan kinerja dan efisiensi, menurut Digital Chat Station, salah satu pembocor ternama asal China.

Digital Chat Station (Weibo)

Melalui postingan di Weibo, Digital Chat Station mengatakan telah melihat lembar spesifikasi dari chipset tersebut dan dari apa yang ia lihat bisa disimpulkan bahwa chipset ini lebih bertenaga dibandingkan Snapdragon 865. Mengapa? Karena memiliki frekuensi yang lebih tinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa chipset tersebut memiliki clock speed yang lebih tinggi dari Snapdragon 865, yang memiliki clock speed 2,84 GHz. MediaTek juga sudah meluncurkan Dimensity 1000+ bulan lalu dan chipset tersebut dengan kecepatan clock 2,6 GHz.

Bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa Dimensity 1200 akan memiliki satu core Cortex-A78 dengan clcok speed 3,0 GHz yang berpasangan dengan tiga core Cortex-A78 dengan clock speed 2,6 GHz dan empat core Cortex-A55 yang memiliki clock speed 2,0 GHz.

Detail lain yang berasal dari Digital Chat Station adalah kinerja CPU bukan satu-satunya peningkatan yang didapat dari chipset baru MediaTek. Ia juga menyebutkan modem 5G yang lebih baik dan Image Signal Processor (ISP) yang ditingkatkan yang akan membantu perangkat mengambil foto yang lebih baik.

Lantas, pabrikan smartphone mana saja yang tertarik akan tertarik dengan Dimensity 1200? Tidak dipungkiri, seri Dimenity yang diperkenalkan oleh MediaTek telah menarik perhatian banyak pabrikan smartphone. Diperkirakan, Dimensity 1200 akan hadir di smartphone buatan Vivo, OPPO, Realme, dan iQOO.