Uang Kripto Ethereum Classic Akan Mendapat <i>Upgrade</i> Bernama Proyek ‘Magneto’
Uang kripto Ethereum Classic akan mendapat upgrade (Cryptoidea)

Bagikan:

JAKARTA – Uang kripto Ethereum Classic (ETC) dikabarkan bakal mendapat upgrade pada akhir Juli mendatang. Pengembang ETC berencana menerapkan pembaruan bernama proyek Magneto. Pembaruan tersebut kemungkinan akan mendongkrak harga ETC.

Melansir Cointelegraph, pembaruan yang disebut Magneto itu akan mencakup empat Proposal Peningkatan Ethereum (EIP). Hal tersebut pertama kali diumumkan dalam upgrade Ethereum di Berlin pada awal tahun ini.

Proyek Magneto tersebut ditujukan untuk meningkatkan keamanan jaringan, mengurangi biaya gas dan menyimpan alamat serta kunci dalam satu tempat sehingga bisa diakses oleh pengguna dalm sekali transaksi saja.

Pengembang ETC sudah melakukan uji coba versi beta pada testnet Morder dan Kotti ETC yang sudah dilakukan sejak 2 Juni dan 9 Juni lalu. Magneto bakal diimplementasikan setelah tahap uji coba tersebut dirampungkan.

“Untuk memastikan cabang (fork) yang sukses, kami meminta konsumen ETC untuk meng-upgrade perangkat lunak node mereka ke versi yang kompatibel dengan Magneto jika mereka belum melakukannya. Jika Anda tidak mengoperasikan node atau layanan, tetapi menggunakan ETC melalui layanan lain, periksa layanan tersebut guna memastikan apakah layanan tersebut mendukung hard fork Magneto,” kata Stevan Lohja selaku manajer hubungan pengembang Mantis.

Pada 2016 lalu, Ethereum Classic mengalami masa-masa sulit karena pernah diretas dan membobol proyek DAO yang bernilai 60 juta dolar AS. Setelah peristiwa tersebut, pihak pengembang mengganti dana para investor sebagai bentuk tanggung jawab pengembang kepada konsumennya.

Uang kripto yang memiliki slogan “Code is Law” ini berupaya mengembalikan kepercayaan para investor dan meningkatkan sistem keamanan jaringan mereka.

Pada Mei 2021 lalu, sejumlah penggemar Ethereum Classic menyebut proyek tersebut sebagai  “Ethereum yang keliru” lantaran harganya tiba-tiba meroket lebih dari 300 persen.

Uang kripto Ethereum Classic memiliki total suplai sebanyak 116.313.299. Saat berita ini ditulis pada pukul 10:22 WIB harga ETC berada di level Rp648.165. Uang kripto ETC pernah menyentuh all time high-nya pada 6 Mei 2021, waktu itu ETC menyentuh harga Rp 2.554.594 menurut data dari CoinMarketCap.