Samsung Luncurkan Galaxy Quantum 2, Ponsel Canggih Anti <i>Hack</i>
Ponsel terbaru Samsung Galaxy Quantum 2 (The Verge)

Bagikan:

JAKARTA – Samsung merilis Galaxy Quantum 2 pada bulan ini. Pihak Samsung menggandeng SK Telecom dalam menghadirkan Galaxy Quantum 2 ini. Ponsel ini diklaim hadir dengan sistem keamanan yang canggih.

Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan Galaxy Quantum yang pertama pada 2020 lalu. Kemunculan Galaxy Quantum 2 ini merupakan generasi terbaru dari pendahulunya.

Ponsel Galaxy Quantum hadir dengan teknologi keamanan yang lebih canggih berupa kriptografi quantum. Teknologi tersebut sudah disematkan secara built-in. Generasi penerus Galaxy Quantum ini dibekali dengan chip besutan ID Quanique.

Chip itu digadang-gadang sebagai generator bilangan acak kuantum atau QRNG yang paling kecil di dunia. Chip tersebut memiliki ukuran 2,5mm persegi. Kode acak akan dihasilkan oleh chip tersebut dengan cara menangkap noise melalui LED dan juga dari sensor CMOS yang dirancang untuk penggunaan aplikasi dan sistem perbankan.

SK Telecom mengungkapkan bahwa chip QRNG ini bisa membuat pengguna mendapat layanan yang memerlukan sistem keamanan tinggi. Pasalnya chip tersebut dapat membuat nomor acak yang tidak bisa ditebak dan tidak berpola. Dengan metode ini, para hacker diklaim akan kesulitan meretasnya.

SK Telecom juga mengatakan bahwa saat ini chip quantum buatannya itu bisa digunakan dalam sejumlah layanan termasuk Standard Chartered Bank Korea dan Shinhan Bank.

Perusahaan telekomunikasi asal Korea Selatan itu juga mengungkapkan bahwa pihaknya berencana mengembangkan kompatibilitas keamanan QRNG untuk lebih banyak layanan lainnya seperti kartu kredit Samsung.

Ponsel Galaxy Quantum 2 dikabarkan sebagai ponsel Galaxy A82 versi global yang dilengkapi dengan chip QRNG sebagaimana yang dilansir dari GSM Arena, Kamis 15 April.

Ponsel terbaru Samsung ini hadir dengan layar sebesar 6,7 inci yang sudah mendukung resolusi 1.440p. Layar AMOLED itu mempunyai kecepatan rate 120 Hz. Pada bagian bodi belakangnya dilengkapi dengan tiga kamera dengan kamera utama 64 MP yang sudah dilengkapi OIS.

Ponsel Galaxy Quantum ini dihadir dengan chipset Snapdragon 855 Plus yang dikombinasikan dengan RAM 6 GB dan ruang penyimpanan seluas 128 GB. Selain itu, ponsel ini juga dibekali baterai yang berkapasitas 4.500 mAh yang dipadukan dengan fast charging 25 W.

Galaxy Quantum 2 ini mulai dijual di Korsel pada 19 April 2021. Smartphone Galaxy Quantum 2 ini dijual seharga 699.600 won (setara Rp 9 jutaan).