Shell Bangun Stasiun Tenaga Listrik di Malaysia dan Singapura
Shell hadirkan stasiun listrik di Malaysia dan Singapura (Chuttersnap/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Semakin maraknya mobil listrik dunia memicu sejumlah perusahaan untuk membuat stasiun pengisian listrik di berbagai tempat. Stasiun listrik akan hadir di sepanjang Penang hingga Singapura.

Dilansir dari Mashable,Kamis, 8 April Porsche menggandeng Shell untuk mengadakan pengisian listrik berkecepatan tinggi untuk kendaraan listrik di enam stasiun Shell berbeda Malaysia dan Singapura. Stasiun pengisian listrik berkecepatan tinggi (HPC) akan hadir di sejumlah titik di sepanjang jalan Raya Utara hingga Malaysia bagian selatan.

Kehadiran stasiun pengisian listrik untuk electric vehicle (EV) diklaim memberikan kemudahan bagi para pengemudi sehingga tidak perlu khawatir kehabisan daya ketika melakukan perjalanan jauh.

Stasiun pengisian tenaga listrik itu akan dilengkapi dengan charger 180 kW DC yang merupakan pengisi daya berkapasitas tinggi. Selain itu tempat tersebut sudah dilengkapi dengan dua konektor CCS Tipe 2.

Pembangunan stasiun pengisian listrik untuk EV ini akan dilakukan secara bertahap. Empat stasiun dijadwalkan akan siap digunakan pada pertengahan tahun 2021. Dua stasiun terakhir akan selesai pada tahun 2022.

Enam stasiun pengisi daya yang baru tersebut menambah daftar stasiun yang sudah ada sebelumnya yang sudah dibangun Shell dan Porsche Malaysia dan Singapura. Karena bermitra dengan Porsche, Shell juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi pemilik Porsche.

Pengguna Porsche bisa memesan poin HPC jauh-jauh hari lewat aplikasi seluler. Selain itu ada juga diskon untuk setiap pembelian makan dan minuman yang tersedia di gerai Shell Select.

Penambahan stasiun pengisian daya listrik ini diharapkan bisa mendorong pasar mobil listrik di Asia Tenggara, terutama negara-negara yang tertinggal dalam pengadaan kendaraan listrik dan infrastrukturnya.

“Sementara soal mobil listrik masa depan merupakan masalah global, Asia Tenggara tenggara memiliki tingkat kompleksitas dan beragam tantangan dan peluang di masa depan,” ujar Amir Adel selaku Wakil Presiden Senior Mobility East Shell.

“Karena semakin banyak konsumen yang menggunakan EV dan pemerintah berupaya memenuhi kebutuhan mereka, kerja sama antara Porsche dan Shell merupakan salah satu dari banyak contoh tentang bagaimana para pelaku industri harus bersatu dalam memainkan peran pentingnya,” tambah Amir.

“Untuk membantu mengurangi karbon pada sektor transportasi dan membuka jalan bagi mobilitas yang lebih bersih, solusi untuk pelanggan,” tutupnya.