Bagikan:

JAKARTA – TikTok, platform video vertikal di bawah naungan ByteDance, memperkenalkan fitur baru yang diberi nama Flip Story. Berbeda dari Story biasanya, fitur ini bisa menampilkan dua cerita dalam satu unggahan.

TikTok, dalam situs resminya, menjelaskan bahwa fitur ini memiliki dua sisi cerita. Para kreator bisa menambahkan peristiwa yang berbeda di masing-masing sisinya. Sesuai dengan namanya, pengguna bisa melihat cerita yang berbeda dengan cara di-flip atau dibalik. 

"Flip Story membuka peluang baru untuk koneksi dan keterlibatan antara kreator dan komunitas pengikut mereka. Baik itu foto sebelum dan sesudah atau pengumuman eksklusif dan cuplikan, Flip Story bisa menambahkan lapisan kejutan," ujar TikTok.

Untuk mengunggah Flip Story, pengguna hanya perlu mengeklik tombol Tambah dan alihkan ke halaman Story. Setelah itu, klik tombol Tambah lagi di foto profil pengguna. Setelah diketuk, pengguna akan melihat opsi untuk menambahkann Flip Story.

Pengguna bisa mengambil konten secara langsung atau mengunggah gambar dari perangkat. Untuk saat ini, Flip Story hanya mendukung penambahan gambar. Belum diketahui apakah TikTok akan meluncurkan kemampuan mengunggah video di Flip Story.

"Kreator akan dapat melihat daftar pemirsa terpisah untuk mereka yang menampilkan sisi kedua. Semua konten yang dibagikan di Flip Stories akan melalui proses moderasi yang sama yang diterapkan pada Stories yang diunggah ke TikTok," jelas TikTok. 

Sementara itu, dari sisi pengguna atau penonton, cara melihat Flip Story sangat mudah. Mereka hanya perlu melihat gambar di sisi pertama, lalu tekan tombol Tahan untuk Membalik hingga sisi kedua yang tersembunyi muncul di layar.