Rayakan 7 Juta Pengguna, Snapchat Plus Tambahkan Dua Fitur Bertenaga AI
Snapchat Plus punya dua fitur AI generatif baru (foto: dok. Snapchat)

Bagikan:

JAKARTA – Snapchat mengumumkan bahwa pengguna layanan berbayar mereka, Snapchat Plus, telah mencapai tujuh juta pengguna. Informasi ini mereka bagikan pada Selasa, 12 Desember lalu.

Sebagai bentuk perayaan atas pencapaian baru ini, Snapchat mengatakan bahwa mereka telah merilis berbagai fitur baru dengan dukungan Kecerdasan Buatan (AI) generatif. Sekarang, fitur AI di platform tersebut menjadi lebih beragam.

Fitur baru yang Snapchat perkenalkan adalah kemampuan membuat gambar dengan perintah sederhana. Setelah fitur AI generatif menghasilkan gambar yang diinginkan, pengguna bisa membagikannya kepada pengguna lain.

“Hanya dalam beberapa kata, gunakan AI untuk membuat dan mengirim Snap berisi apa pun yang Anda tahu akan membuat hari teman Anda menyenangkan, bahkan saat pemandangan sempurna sudah tidak terlihat,” tulis Snapchat dalam rilis resmi.

Menariknya, pengguna masih bisa mengedit gambar yang dihasilkan sebelum membagikannya kepada teman. Pengguna juga bisa mengubah hasil gambar yang terlalu close up dengan fitur extend yang berada di dalam ikon crop.

Fitur lain yang bisa dirasakan pengguna Snapchat Plus adalah Dreams, kemampuan selfie dengan AI generatif. Fitur ini sudah hadir sejak Agustus, tetapi Snapchat meningkatkan kemampuannya untuk digunakan bersama teman.

Setiap pelanggan Snapchat Plus bisa menggunakan Dreams sebanyak delapan kali dalam sebulan. Hasil dari selfie bertenaga AI ini juga bisa dibagikan kepada teman atau ke Story untuk dilihat oleh pengguna Snapchat Plus lainnya.

Meski kedua fitur ini sudah diluncurkan, beberapa akun pengguna mungkin belum mendapatkan pembaruannya. Fitur ini akan dirilis secara global, tetapi peluncurannya akan dilakukan secara bertahap.