Instagram Uji Coba Chatbot AI yang Bisa Bantu Ekspresikan Diri, ChatGPT Kalah Saing?
Meta tengah menguji chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di media sosialnya, Instagram. (foto: dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Meta sepertinya tengah menguji chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di media sosialnya, Instagram. Diklaim, fitur baru ini mirip ChatGPT milik OpenAI.

Ditemukan pertama kali oleh pengembang aplikasi Alessandro Paluzzi, chatbot AI Instagram tampaknya akan terpisah dengan fitur lainnya.

Pengguna dapat memanfaatkan chatbot dengan membuat percakapan seperti mengajukan pertanyaan atau memberikan saran.

Lebih dari 30 kepribadian AI yang berbeda dapat dipilih pengguna, yang juga bisa membantu mereka menulis pesan. Kemampuan ini cukup berguna ketika pengguna kesulitan untuk mengekspresikan diri.

"Instagram berupaya menghadirkan Agen AI (Bot) ke obrolan Anda untuk pengalaman yang lebih menyenangkan dan menarik," tweet @alex193a.

 Sayangnya, tidak diketahui pasti kapan chatbot ini akan meluncur dan apakah dia mampu bersaing dengan para pemain besar lebih dahulu, seperti ChatGPT, Bing Chat dan Bard.

Sejatinya langkah Meta tidak mengejutkan, sebelumnya perusahaan sudah mengumumkan rencana untuk bereksperimen dengan AI di Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan pada Februari lalu, perusahaan memiliki tujuan jangka panjang untuk menciptakan AI persona, yang dapat membantu orang dalam berbagai cara.

Selain chatbot, Instagram juga sedang mengerjakan AI untuk mengoptimalkan filter dan iklan dengan Advantage+, salah satu alat yang bisa menemukan pemirsa dan menempatkan iklan secara otomatis di seluruh platform Meta.

Meta juga sedang mengembangkan cara bagi pengiklan untuk membuat dan menguji iklan menggunakan AI.

Meski begitu, Instagram bukan satu-satunya yang membawa AI ke media sosialnya. Februari lalu, Snapchat mulai meluncurkan chatbot bertenaga ChatGPT yang dijuluki My AI.

Chatbot Snapchat bisa merencanakan perjalanan dan merekomendasikan hadiah ulang tahun. Demikian dikutip dari Business Insider, Rabu, 7 Juni.