Alibaba Tantang ChatGPT dengan Tongyi Qianwen, Kini Cari Bisnis yang Ingin Uji Coba!
Alibaba dilaporkan akan mengikuti ledakan ChatGPT (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Alibaba dilaporkan akan mengikuti ledakan ChatGPT, kini tengah mencari perusahaan atau bisnis untuk menguji chatbot Kecerdasan Buatan (AI) miliknya, Tongyi Qianwen.

Raksasa teknologi yang dimiliki miliarder Jack Ma itu mengonfirmasi, chatbot besutannya itu bukan ditujukan untuk masyarakat umum seperti ChatGPT atau Bing Chat, melainkan untuk pengguna bisnis.

Nantinya, penguji Tongyi Qianwen dapat memperoleh akses ke chatbot melalui akun WeChat resmi Alibaba Cloud. Bagi mereka yang ingin menjajalnya, bisa meninggalkan nomor telepon dan alamat email mereka di situs web resmi chatbot tersebut.

Sayangnya, belum ada bocoran lebih lanjut menyoal kemampuan chatbot tersebut. Alibaba Cloud hanya mengunggah sebuah teaser pada Jumat minggu lalu di media sosial tanpa menyebutkan detail dari chatbot tersebut.

"Hallo, nama saya Tongyi Qianwen, ini adalah pertemuan pertama kami, saya menyambut umpan balik Anda," ujarnya.

Tetapi Alibaba dikabarkan akan menyelenggarakan acara minggu ini, kemungkinan besar perusahaan akan memperkenalkan bot tersebut ke publik.

Alibaba bukan satu-satunya perusahaan asal China yang menciptakan pesaing ChatGPT, Huawei Technologies juga termasuk ke dalam daftar yang sebentar lagi akan memperkenalkan model AI pemrosesan bahasa alami (NLP), Pangu.

Begitu juga dengan Baidu Inc yang bakal memperkenalkan aplikasi Ernie Bot yang saat ini hanya terbuka untuk uji coba. Demikian dikutip dari IndiaTimes, Senin, 10 April.