Bagikan:

JAKARTA – YouTube Music menguji desain halaman Artis pada Juli lalu untuk mengubah ukuran tombol dan menambahkan fitur baru. Setelah lebih dari sebulan diuji, desain ulang halaman Artis akhirnya diluncurkan.

Desain terbaru dari halaman Artis YouTube Music seharusnya diluncurkan pada 4 September lalu, tetapi peluncurannya dibatalkan karena alasan yang tidak diketahui. Namun, YouTube meluncurkan kembali desainnya pada Minggu, 8 September lalu.

Di versi sebelumnya, halaman Artis YouTube Music menampilkan nama artis atau musisinya di bagian tengah atas dengan keterangan jumlah pelanggan di bagian bawahnya. Dalam desain terbaru, YouTube Music memindahkan posisi nama dan jumlah pelanggannya.

Font yang digunakan YouTube Music jauh lebih kecil dan lebih padat jika dibandingkan dengan desain sebelumnya. Nama artis atau musisi telah dipindahkan ke sisi kiri layar, diikuti dengan keterangan jumlah pelanggan yang masih ada di bagian bawahnya.

YouTube Music juga menampilkan tombol Berlangganan di bagian bawah jumlah pelanggan. Dengan adanya tombol ini, pengguna bisa berlangganan atau berhenti berlangganan dengan mudah. Saat pertama kali berlangganan, tombol tersebut akan menampilkan efek saat diketuk.

Sementara itu, tombol Radio dan Putar Lagu ditempatkan sejajar dengan tombol Berlangganan. Dua tombol tersebut ditaruh di sisi kanan layar. Tombol Putar Lagu dibuat lebih besar dari tombol Radio dengan latar belakang berwarna putih, sedangkan Radio berlatar belakang hitam.

Di bagian bawah tombol, pengguna YouTube Music akan melihat Album atau Single terbaru yang disematkan dengan keterangan judul Album atau Single, tahun rilisnya, dan cover di sisi kiri jendela. Jika diklik, daftar putar dari albumnya akan muncul.