Bagikan:

JAKARTA – Pixel 9 Pro XL telah diluncurkan pada 13 Agustus di acara Made by Google. Belum genap sebulan diluncurkan, beberapa pengguna sudah melaporkan masalah terkait ketukan pada sudut layar.

Masalah muncul di beberapa aplikasi yang memiliki tombol chevron di sudut layar, salah satunya aplikasi keyboard virtual Gboard. Tombol ini bisa ditemukan di seluruh ponsel Pixel, tetapi hanya Pixel 9 Pro XL yang bermasalah saat mengetuk tombol chevron.

Tombol yang muncul di beberapa aplikasi ini digunakan untuk menutup jendela atau keyboard yang muncul di layar. Jika pengguna mengetuk tombolnya terus-menerus, Pixel 9 Pro XL akan sulit mengaktifkan fiturnya dibandingkan dengan model ponsel lainnya.

Masalah ini bukan terjadi karena ukuran tombol. Sebab, tombol chevron di sudut layar memiliki target sentuh yang lebar. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab masalahnya, tetapi beberapa pengguna mengatasi masalah tersebut dengan melakukan reboot.

Sepertinya, masalah ini berasal dari perangkat lunak, bukan karena panel tampilannya. Google belum memberikan respons mengenai masalah ini. Kemungkinan besar, Google akan merilis perbaikan masalahnya di pembaruan yang akan datang.

Tombol chevron yang sulit diketuk bukan satu-satunya masalah di Pixel 9 Pro XL. Beberapa waktu lalu, sejumlah pengguna mengeluhkan masalah pada posisi kamera yang tidak tepat karena hasil gambar yang selalu miring atau tidak sejajar, bahkan saat di-zoom.

Masalah ini banyak dibicarakan di forum Reddit dan bukan hanya satu atau dua orang yang terdampak. Meski beberapa pengguna Pixel 9 Pro XL mengeluhkan masalah yang sama, lensa kamera yang miring ini tidak ditemukan di seluruh perangkat.