Bagikan:

JAKARTA – Para pemain game biasanya membutuhkan alat perekam dari pihak ketiga untuk menyimpan gameplay di Steam Deck. Namun, kini tidak lagi karena Valve telah meluncurkan fitur resmi untuk merekam gameplay.

Ini merupakan fitur yang sangat berguna bagi para pemain yang senang membagikan rekaman permainan mereka di media sosial, khususnya bagi para kreator konten. Jika Anda ingin merekam dengan fitur di SteamOS, berikut ini caranya.

Aktifkan Fitur Rekam Gameplay

Dilansir dari How to Geek, fitur untuk merekam gameplay baru tersedia di versi beta sehingga Anda harus mengubah sistemnya terlebih dahulu.

Untuk mengganti sistemnya, Anda bisa membuka Pengaturan dengan mengeklik tombol Steam di Steam Deck Anda.

Setelah itu, buka menu Sistem di Pengaturan, pilih Partisipasi Beta, lalu klik opsi Beta. Selanjutnya, pilih opsi untuk me-restart perangkat Anda.

Jika perangkat sudah di-restart, buka kembali Pengaturan dan cari menu Perekaman Game di sidebar kiri.

Secara default, seluruh game yang dimainkan selama dua jam terakhir akan masuk ke folder tinjauan. Jika Anda tidak menyimpan rekaman gameplay, Steam akan menghapus rekaman dari Media secara otomatis.

Jika Anda ingin merekam game secara manual, Anda bisa mengubah pengaturannya dengan menekan tombol Steam dan masuk ke dalam Pengaturan, lalu pilih opsi Edit pada Desktop Layout di bagian Kontrol.

Berikutnya, pilih Edit Layout, klik Buttons, lalu pilih Change Action Set pada Command 2 di deretan Menu.

Setelah itu, Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkan rekaman secara manual di bawah tab Sistem, lalu pilih tombol mana yang ingin digunakan untuk memulai rekaman.