Bagikan:

JAKARTA - Skuat Manchester City tak lengkap saat melakoni laga tandang di Premier League Inggris melawan West Ham United, Sabtu, 31 Agustus 2024 malam WIB. Meski gelandang Phil dan Rodri kemungkinan absen dalam duel di Stadion London, namun Man City tetap diunggulkan.

Foden masih sakit dan belum sepenuhnya pulih sehingga kemungkinan kembali absen. Foden sempat diturunkan sebagai pemain pengganti pada laga pertama Man City saat menang 2-0 atas Chelsea.

Namun pemain terbaik Inggris 2024 ini sudah tidak dimainkan di laga berikutnya melawan tim promosi Ipswich Town. Di laga itu, Man City tampil gemilang untuk menghajar The Tractor Boys 4-0 sehingga bisa bertenger di puncak klasemen karena memiliki selisih gol lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Rodri sendiri masih bergulat dengan cedera hamstring usai membawa Spanyol memenangi Euro 2024. Bahkan Rodri tidak bermain pada dua laga pertama The Cityzens. Meski tidak ada dia, Man City tetap bisa memenangkan pertandingan. Ini sekaligus menghapus stigma Man City sulit menang saat Rodri tak bermain.

Terakhir, gelandang Mateo Kovacic yang diragukan bisa tampil saat sang juara bertahan menyambangi markas The Hammers di London. Dirinya mengalami cedera di laga melawan Ipswich. Meski kondisinya sudah membaik, namun manajer Pep Guardiola masih mempertimbangkan dia bakal tampil di laga tersebut.

"Kondisi Rodri sudah lebih baik. Begitu pula Kovacic sudah membaik. Sebaliknya Phil masih belum merasakan lebih baik kondisinya. Tetapi dia tidak ada masalah," ucap Guardiola.

Meski kehilangan pemain pilar, termasuk pemain depan Oscar Bobb yang cedera patah kaki, namun Guardiola tetap optimistis dengan kemampuan Man City menghadapi persaingan di Liga Premier. Mereka pun yakin mampu meraih tiga poin saat melakoni laga tandang.

Guardiola menuturkan skuat Man City sudah sangat komplet sehingga tak perlu melakukan pembelian banyak pemain yang berujung pada perombakan tim.

Man City yang mencetak rekor juara Liga Inggris empat kali berturut-turut hanya memboyong Ilkay Gundogan, eks kapten tim, yang kembal bergabung setelah meninggalkan Barcelona.

Selain itu, Man City yang dibayangi ancaman sanksi berat, termasuk di antaranya pencopotan gelar juara liga atau turun kasta karena pelanggaran serius financial fair play, mendatangkan pemain sayap Savinho dari Troyes.

"Saya bahagia dengan skuat sekarang ini. Tetapi bila banyak pemain yang cedera, tentu ini menjadi problem bagi kami," kata Guardiola lagi.

"Barangkali ini menjadi kesalahan (tidak mencari pemain yang menggantikan Julian Alvarez). Tetapi saya tidak tahu [apakah ini sebuah kesalahan]. Tetapi saya memang tidak suka membiarkan pemain sampai lama tidak bermain," ujar eks pelatih Barcelona dan Bayern Munchen ini.

Guardiola sendiri sudah menyiapkan Gundogan bila Rodri dan Kovacic belum bisa dimainkan. Guardiola yakin Gundogan bakal langsung beradaptasi dengan tim.

Bagaimana tidak, gelandang Jerman ini sudah lama bermain di Man City dan terakhir kali menjadi kapten saat tim meraih treble sebelum bergabung dengan Barca musim lalu.

"Dia pemain top. Dia pun sudah tahu apa yang akan kami lakukan dan bagaimana membangun kebersamaan. Kami sudah saling mengetahui dan itulah yang terjadi," katanya.

Sementara manajer West Ham Julen Lopetegui menerima tugas tak mudah karena harus bisa menjaga performa tim. West Ham mengawali kompetisi dengan hasil buruk karena kalah 2-1 saat menjamu Aston Villa di laga pertama.

Namun mereka dengan cepat bangkit dengan mengalahkan Crystal Palace 2-0 dalam London Derby. Tren positif di berlanjut di Carabao Cup. West Ham mengatasi lawan sesama tim Premier League, Bournemouth.

Lopetegui bakal menurunkan skuat terbaik meski kehilangan striker timnas Jerman Niclas Fullkrug yang didatangkan dari Borussia Dortmund. Posisinya digantikan Michael Antonio.

Sebaliknya, eks bek Manchester United, Aaron Wan-Bissaka bakal menjadi starter. Sementara Lucas Paqueta bahu-membahu dengan Mohammed Kudus.

Meski West Ham tampil dengan kekuatan penuh, namun Man City tetap diunggulkan di laga tersebut. Tim tamu tak hanya mengandalkan Erling Haaland untuk membobol gawang.

Masih ada pemain lain yang rutin mencetak gol dan ini menjadi pekerjaan rumah Lopetegui meredam permainan ofensif dari kompatriotnya. Ya, duel sesama manajer Spanyol ini bakal menarik.