Bagikan:

JAKARTA - West Ham United akan menjamu juara bertahan Liga Premier, Manchester City, di Stadion London pada Sabtu 31 Agustus. Pertandingan ini menjadi tantangan besar bagi pasukan Julen Lopetegui yang baru saja meraih kemenangan pertamanya musim ini.

Setelah memulai musim dengan kekalahan 2-1 dari Aston Villa, West Ham bangkit dan meraih kemenangan 2-0 atas Crystal Palace. Tomas Soucek dan kapten Jarrod Bowen mencetak gol untuk memberi kemenangan perdana bagi Lopetegui. Kemenangan ini juga sekaligus menghentikan catatan buruk West Ham yang tidak pernah meraih clean sheet dalam 19 pertandingan Liga Premier terakhir.

Di pertandingan terakhir, West Ham berhasil melaju ke putaran ketiga Piala EFL dengan mengalahkan Bournemouth 1-0 di kandang. Namun, kemenangan ini tidak lepas dari kontroversi, karena gol kemenangan yang dicetak oleh Mohammed Kudus seharusnya dianulir jika VAR digunakan.

Menghadapi Manchester City, West Ham akan berusaha mematahkan catatan buruk mereka yang tidak pernah menang dalam 17 pertemuan terakhir di Liga Premier. Terakhir kali The Hammers mengalahkan City terjadi pada September 2015 di Etihad Stadium dengan skor 2-1.

Manchester City mengawali musim dengan gemilang, mengalahkan Chelsea 2-0 di Stamford Bridge dan Ipswich Town 4-1 di Etihad Stadium. Erling Haaland menjadi bintang dengan mencetak empat gol dalam dua pertandingan, termasuk hat-trick saat melawan Ipswich.

Meski Man City dikenal sebagai tim yang lambat panas di bawah Pep Guardiola, mereka telah mencatatkan kemenangan dalam 11 pertandingan Liga Premier berturut-turut dengan margin dua gol atau lebih. City juga memiliki catatan impresif dalam laga tandang melawan West Ham, di mana mereka tidak terkalahkan dalam sembilan kunjungan terakhir ke Stadion London sejak kekalahan 2-1 di Upton Park pada Oktober 2014.

Sementara itu Lopetegui harus menghadapi masalah cedera dengan absennya Aaron Cresswell yang mengalami cedera hamstring. Emerson Palmieri kemungkinan besar akan menggantikan posisi Cresswell di bek kiri, sementara Aaron Wan-Bissaka, yang tampil gemilang di Piala EFL, mungkin akan kembali ke posisi bek kanan.

Di lini tengah, Edson Alvarez, Tomas Soucek, dan Guido Rodriguez bersaing untuk mendapatkan tempat di starting XI. Sementara itu, Kudus, Lucas Paqueta, dan Michail Antonio kemungkinan besar akan dipanggil kembali ke lini serang. Sementara Niclas Füllkrug, amunisi baru The Hammers, akan mengintai dari bangku cadangan untuk turun di babak kedua. 

Dari sisi The Citizen, Pep Guardiola masih harus menunggu keputusan terkait kebugaran Rodri dan Phil Foden. Rodri kembali berlatih minggu ini dan bisa tampil untuk pertama kalinya musim ini. Foden, yang absen melawan Ipswich karena sakit, juga diharapkan pulih tepat waktu.

Di lini belakang, Rico Lewis, Manuel Akanji, Ruben Dias, dan Josko Gvardiol kemungkinan besar akan tetap dipertahankan. Savinho dan Jeremy Doku, yang tampil mengesankan di laga sebelumnya, bisa kembali menjadi starter, mendampingi Kevin De Bruyne dan Haaland di lini depan.

Pertandingan ini diperkirakan akan berlangsung sengit, dengan Manchester City sebagai favorit untuk meraih tiga poin, namun West Ham akan berusaha memberikan perlawanan sengit di hadapan pendukungnya sendiri.

Prediksi Susunan Pemain:

West Ham United (4-2-3-1): Areola; Wan-Bissaka, Todibo, Kilman, Emerson; Alvarez, Soucek; Bowen, Paqueta, Kudus; Antonio.

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Lewis, Akanji, Dias, Gvardiol; Kovacic, Bernardo; Savinho, De Bruyne, Doku; Haaland.