Bagikan:

JAKARTA - Striker Romelu Lukaku akhirnya meninggalkan Chelsea. Napoli yang berhasil merekrut Lukaku sehingga dia bakal reuni dengan pelatih Antonio Conte. Lukaku pun langsung melakukan debut melawan Parma dalam pertandingan Serie A Italia di kandang sendiri di Stadion Diego Armando Maradona, Minggu, 1 September 2024.

Teka-teki masa depan Lukaku terjawab sudah. Chelsea sudah ingin melego sang pemain. Terutama manajer anyar Enzo Maresca pun tak memasukkan eks penyerang Manchester United ini ke rancangan tim.

Semula, AS Roma yang meminjam Lukaku di musim lalu berniat mempermanenkan striker berusia 31 ini. Namun Roma mendapat saingan dari Napoli yang juga membidik Lukaku. Pasalnya, Napoli kini dtangani Conte yang demen banget dengan Lukaku. Apalagi, mereka pernah berkolaborasi di Inter Milan. Hasilnya, Inter meraih Scudetto musim 2021.

Saat Roma sudah menyerah karena negosiasi transfer yang selalu kandas, sebaliknya Napoli yang serius ingin memboyong Lukaku. Meski berjalan cukup alot dan kompetisi sudah bergulir, namun Napoi akhirnya sukses menggaet penyerang timnas Belgia ini.

Napoli pun menggelontorkan dana 30 juta euro atau sekira 513 milir rupiah. Juara Serie A 2023 ini memberikan kontrak lumayan panjang, tiga tahun, untuk pemainnya. Sedangkan gaji yang diterima Lukaku mencapai 8 juta euro atau 137 miliar rupiah setiap tahun.

Tak hanya itu, Napoli juga masih akan membayar fee 30 persen kepada Chelsea bila klub menjual Lukaku saat kontraknya belum berakhir.

Napoli menjadi klub Italia ketiga Lukaku setelah Inter dan Roma. Dirinya memang lebih moncer bermain di Lga Italia ketimbang Premier League Inggris. Lukaku memulai karier di Italia saat direkrut Inter dari MU pada 2019 dan bertahan hingga 2021.

Performa gemilang Lukaku menjadikan dia dibawa kembali oeh Chelsea yang membelinya dengan harga 97,5 juta poundsterling. Namun dirinya tak menjadi pilihan pertama dan bahkan tersingkir dari skuat.

Buntutnya, Lukaku kembali ke Italia untuk bermain di Inter dan Roma dengan status pemain pinjaman. Pencapaian terbaik Lukaku saat membela Nerazzurri. Dirinya mampu mengoleksi 47 gol selama 72 penampilan di bawah Conte.

Puncaknya saat Lukaku mencetak 24 gol di musim 2021. Hanya saja dia gagal menjadi top skor karena kalah dengan Cristiano Ronaldo yang saat itu membela Juventus. Ronaldo yang menjadi Capocannoniere setelah mengemas 29 gol.

Bergabung dengan Napoli, Lukaku pun sudah disiapkan Conte melakoni debut melawan Parma akhir pekan ini. Lukaku diharapkan bisa melakoni laga pertama dengan manis saat bermain di hadapan pendukung sendiri, Minggu, 1 September 2024 dini hari WIB.