Bagikan:

JAKARTA – Instagram akan membuat perubahan besar di platformnya, yaitu mengubah tampilan kotak-kotak di profil menjadi persegi panjang. Perubahan ini sedang diuji pada sebagian kecil pengguna.

Kepala Instagram Adam Mosseri membuat Story yang membahas tentang perubahan ini pada Jumat, 16 Agustus. Mosseri mengatakan bahwa Instagram sengaja mengubah tampilan di profil menjadi persegi panjang karena format video yang sulit dipotong.

"Sebagian besar dari apa yang diunggah ke Instagram saat ini bersifat vertikal," tulis Mosseri di akunnya. "Ukuran fotonya 4x3 atau 9x16 dalam video, dan memotongnya menjadi persegi cukup sulit."

Mosseri pun membahas sedikit tentang asal-usul tampilan grid atau kotak-kotak di profil pengguna. Kepala Instagram itu menjelaskan tampilan kotak-kotak dipengaruhi oleh format awal saat platform tersebut pertama kali dibuat.

"Bentuk kotak berasal dari zaman dulu ketika Anda hanya dapat mengunggah foto berbentuk kotak ke Instagram," jelas Mosseri. Batasan format ini telah dihilangkan pada tahun 2015 dan pengguna bisa mengunggah foto berformat persegi panjang.

Mosseri menyadari perubahan yang sedang diuji ini dapat mengganggu banyak penggunanya, khususnya akun yang memperhatikan tampilan estetik. Namun, perubahan ini tetap harus dilakukan menurut Mosseri.

"Saya tahu ini bisa menyebalkan bagi sebagian dari Anda yang benar-benar menghabiskan banyak waktu untuk menyusun dan memastikan semuanya sesuai, tetapi saya benar-benar ingin melakukan yang lebih baik pada konten hari ini," ungkap Mosseri.