Instagram Hadirkan Penyegaran Visual Baru, Simak Kisah di Balik Evolusi Instagram
Kisah di balik instagram yang diperbarui (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu Instagram merubah beberapa elemennya di aplikasi. Perubahan itu mencakup pembaruan pada logo yang lebih cerah, font default, tata letak, dan aspek desain lainnya.

Ternyata, ada kisah menarik dibalik evolusi instagram yang baru-baru ini dilakukan. Dengan 1 Miliar pengguna Instagram, dan terinspirasi oleh komunitas globalnya, Meta mulai menyegarkan identitas visual Instagram untuk mencerminkan perannya sebagai tempat bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri. 

“Kami mendekati evolusi desain dari semangat inovasi dan eksplorasi dengan mengumpulkan kepercayaan para tipografer global, seniman, dan teknolog kreatif yang akan mendorong batas-batas kami. Bersama-sama, kami mempertahankan yang terbaik dari merek, sambil menanamkannya dengan energi dan kekuatan ekspresi baru," kata Cynthia P., Direktur Kreatif, Instagram dari Meta. 

Dalam blognya, Meta juga menyebutkan tiga tujuan utama dari pekerjaannya untuk Instagram yaitu, untuk menetapkan identitas yang berbeda dengan jenis huruf kustom pertama Instagram dan dirancang dalam beberapa skrip. 

Tujuan kedua adalah, bahwa Instagram ingin membawa lebih banyak semangat dengan lebih banyak kedalaman warna ke gradien. Tujuan selanjutnya yaitu, Meta ingin membuat sistem pencitraan merek modular dengan aplikasi desain di berbagai jenis saluran.

Jenis Huruf Khusus

Jenis huruf Instagram Sans yang mengambil inspirasi dari logo dan tanda kata Instagram, hadir dalam tiga gaya: Regular, Headline, dan Condensed.

“Kami mengeksplorasi bagaimana tipografi dapat menjadi alat untuk berekspresi dan bagaimana tipografi baru kami dapat melampaui huruf di layar. Instagram Sans terinspirasi oleh desain logo kami dan bentuk huruf skrip dari tanda kata kami. Bentuk huruf di Instagram Sans Headline menambahkan sentuhan manusiawi, serta momen kepemilikan, kegembiraan, dan kejutan," jelas Daniel S., Direktur Kreatif Instagram dari Meta. 

Meta menjelaskan bahwa aksesibilitas global sangat penting dalam pengembangan jenis huruf Instagram, dengan menghormati tradisi dan budaya di balik setiap skrip. 

Karena itu, Instagram bekerjasama dengan 40 tipografer dan pakar bahasa untuk menghasilkan beberapa skrip global. Diantaranya adalah, Thailand, Korea, dan Arab. 

Gradien Warna

Sedangkan gradien warna yang menjadi background Instagram dibuat oleh seniman digital 3D dan perancang gerak, Rose Pilkington pada proses pemodelan 3D yang inovatif. 

“Konsepnya adalah gradiennya terasa seperti terbuat dari cahaya, jadi terasa seperti diterangi. Dan itu memiliki semacam rasa mendalam untuk itu," kata Rose.

Tata Letak

Peluncuran tata letak pemasaran layar penuh datang ketika Instagram telah menguji layar penuh juga di feeds pada beranda seperti TikTok.

Tata letak pemasaran baru untuk Instagram menampilkan citra layar penuh, merujuk pada pengalaman dalam aplikasi, dan merayakan kreativitas yang kami lihat dari komunitasnya setiap hari.