Bagikan:

JAKARTA – Penjelajahan planet merupakan hal yang sangat penting bagi NASA dan harus dipersiapkan dengan matang. Agar planet bisa dijelajahi secara efisien, NASA membutuhkan teknologi berupa navigasi optik.

Pusat Penerbangan Antariksa Goddard, salah satu fasilitas milik NASA, terkenal dengan teknologi navigasi optik yang mereka kembangkan. Saat ini, Goddard sedang membuat tiga teknologi baru untuk membantu misi NASA di masa depan.

Teknologi Navigasi optik pertama yang sedang dikembangkan adalah mesin pemodelan bernama Vira. Alat ini mampu me-render lingkungan 3D berukuran besar dan bekerja 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Goddard Image Analysis and Navigation Tool (GIANT).

“Vira menggabungkan kecepatan dan efisiensi pemodel grafis konsumen dengan akurasi ilmiah GIANT,” kata Gnam, pemimpin pengembangan Vira. “Alat ini memungkinkan para ilmuwan memodelkan lingkungan yang kompleks dengan cepat."

Vira akan digunakan untuk mengembangkan Peta Navigasi Bulan (LuNaMaps). Peta ini akan menjadi alat pendukung di misi Artemis dan fokusnya adalah memetakan wilayah Kutub Selatan yang ada di Bulan.

Teknologi kedua yang sedang dibuat oleh Goddard adalah alat untuk mengaktifkan navigasi berdasarkan citra cakrawala. Alat ini berguna bagi para astronot selama mengeksplorasi bulan karena GPS sulit untuk diandalkan.

Algoritme dari alat ini dapat menampilkan prakiraan lokasi berdasarkan foto lingkungan yang diambil. Hanya dengan satu foto, alat ini dapat menampilkan data dengan akurasi sekitar ratusan kaki. Sedangkan dua gambar akan meningkatkan akurasi menjadi puluhan kaki.

Terakhir, Goddard sedang membuat alat pemrograman yang disebut Goddard AI Verification and Integration (GAVIN) Tool Suit. Tim yang mengembangkan GAVIN juga sedang membangun algoritma pembelajaran menggunakan alat tersebut untuk mengidentifikasi kawah di wilayah dengan pencahayaan redup.