Bagikan:

JAKARTA - Harga XRP berhasil mencapai level 0,59 dolar AS hari ini, mencatat titik harga tertinggi sejak bulan April. Kenaikan ini terutama didorong oleh peningkatan kepemilikan token di kalangan whale dan shark yang memiliki lebih dari 100.000 XRP, menurut platform analitik cryptocurrency, Santiment.

Pergerakan Whale XRP

Menurut Santiment, terjadi “titik balik” dalam akumulasi XRP pada bulan Agustus lalu. Data dari situs peringkat cryptocurrency CoinGecko menunjukkan bahwa XRP mengalami lonjakan 10% dalam 24 jam terakhir, jauh melampaui altcoin utama lainnya. 

Saat ini, XRP diperdagangkan di 0,5903 dolar AS setelah mencapai puncak intraday di 0,5921 dolar AS. Dengan valuasi sekitar 32,8 miliar dolar AS, XRP menjadi aset digital kedelapan berdasarkan kapitalisasi pasar.

Namun, meskipun kenaikan harga yang mengesankan, ada beberapa tanda yang mengkhawatirkan. XRP baru-baru ini membentuk divergensi bearish, yang menunjukkan bahwa meskipun harga mencatat puncak yang lebih tinggi, momentumnya melemah. Divergensi bearish seperti ini bisa menjadi pertanda buruk bagi token ini.

Penyebab Reli XRP

Kenaikan harga XRP ini belum sepenuhnya jelas. Meskipun demikian, beberapa faktor mungkin mempengaruhi, termasuk peluncuran indeks waktu nyata oleh CME Group untuk cryptocurrency yang terkait dengan Ripple.

Meski begitu, para investor harus tetap waspada dan mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi. Meskipun sentimen positif dari aktivitas whale mendukung harga XRP, divergensi bearish perlu diwaspadai. Selalu lakukan riset mendalam sebelum membuat keputusan investasi di pasar cryptocurrency yang dinamis ini.