Bagikan:

JAKARTA – Saat Apple merilis iOS 18 dalam versi beta publik, terungkap bahwa perusahaan itu akan menambahkan fitur baru. Fitur dengan nama Recovered ini ditemukan di dalam aplikasi Foto yang diperbarui.

Berdasarkan laporan 9to5mac, Recovered akan muncul dalam bentuk album di aplikasi tersebut. Album ini dapat menampilkan seluruh foto dan video yang hilang atau rusak, tetapi masih ada di dalam perangkat.

Album Recovered akan ditempatkan di samping album Recently Deleted. Fitur ini bisa memuncu kembali foto dan video yang hilang dengan cara mengidentifikasi media yang hilang. Setelah ditemukan, Recovered akan memunculkan kembali foto dan videonya.

Ini merupakan kabar baik bagi seluruh pengguna iPhone, khususnya para pengguna yang sempat kehilangan data mereka. Mereka mungkin sempat mengalami masalah pada basis data atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

Fitur Recovered akan mempermudah para pengguna dalam mengembalikan media yang hilang. Mereka tidak perlu repot mendatangi toko perbaikan perangkat dan hanya perlu menunggu perangkat mereka mendapatkan pembaruan iOS 18.

Perlu diingat bahwa album Recovered hanya akan muncul jika ada foto yang memang hilang atau rusak. Untuk menemukan album Recovered, pengguna bisa membuka aplikasi Foto, gulir layar ke bawah untuk mencari menu Utilitas.

Setelah itu, ketuk Pulihkan dan masukkan autentikasi biometrik dengan ID Face. Terakhir, ketuk foto dan video yang sedang dicari, kemudian pilih opsi Hapus Secara Permanen atau Pulihkan ke Perpustakaan.

Selain ditambahkan ke iOS 18, fitur ini juga akan ditambahkan ke aplikasi Foto untuk iPadOS 18 dan macOS Sequioa. Fitur Recovered sudah bisa digunakan saat ini jika Anda menggunakan versi beta publik. Jika tidak, Anda harus menunggu rilis publiknya.