Bagikan:

JAKARTA – WhatsApp meluncurkan opsi pengiriman foto secara High Definition (HD) pada Agustus tahun lalu. Jika ingin menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih opsinya secara manual setiap mengirimkan foto.

Meski tidak rumit, fitur ini menjadi kurang efisien karena pengguna harus memilih opsinya terlebih dahulu sebelum mencari foto yang ingin dikirimkan ke pengguna lain. Oleh karena itu, WhatsApp meluncurkan kemampuan baru dalam mengirimkan foto HD.

Pengguna akun mattnavara, dilansir dari 9to5google, mengungkapkan bahwa pengguna WhatsApp sudah bisa mengaktifkan kualitas foto HD secara default. Dengan diluncurkannya kemampuan baru ini, pengguna tidak perlu lagi memilih opsi foto HD secara manual.

Kemampuan baru ini sudah diluncurkan ke seluruh pengguna WhatsApp versi beta 2.24.13.10 di Android dan iOS. Sebelum mendapatkan kemampuan pengiriman foto HD secara otomatis, pengguna harus mengaktifkan kemampuannya terlebih dahulu.

Fitur pengiriman foto HD otomatis bisa diakses dengan membuka Pengaturan, lalu klik Kualitas Unggahan Media di dalam menu Penyimpanan dan Data. Sebelum fiturnya aktif, pengguna akan mendapatkan peringatan bahwa kualitas HD berukuran enam kali lebih besar.

Artinya, kualitas HD akan membutuhkan lebih banyak data dan menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan di perangkat pengguna. Jika Anda tidak masalah dengan dua hal ini, Anda bisa melanjutkan untuk mengaktifkan fiturnya.

Sebelum mengaktifkan fiturnya, pastikan bahwa aplikasi WhatsApp Anda merupakan versi paling terbaru. Jika kemampuan ini belum muncul di dalam pengaturan, Anda masih harus menunggu karena peluncurannya sedang dilakukan secara bertahap.