Bagikan:

JAKARTA - Meta menghabiskan dana besar untuk mengumpulkan kembali beberapa anggota pemeran Modern Family dalam iklan terbaru WhatsApp. Iklan ini ditujukan untuk mempromosikan WhatsApp kepada keluarga yang menggunakan campuran perangkat iPhone dan Android, agar dapat menghindari masalah "gelembung hijau" dan batasan dalam solusi pesan grup MMS Apple.

Bagi pengguna iPhone di Amerika Serikat, seringkali menghindari mengundang teman-teman Android ke dalam obrolan grup, karena akan beralih dari iMessage ke MMS yang membatasi fungsi pesan seperti tanda terima baca, enkripsi, dan gambar beresolusi penuh.

WhatsApp menyoroti masalah ini secara langsung dalam iklannya, dengan Julie Bowen (Claire Dunphy) menjelaskan kepada Jesse Tyler Ferguson (Mitchell Pritchett) bahwa "foto yang buram" dan "suka yang aneh" adalah alasan mengapa dia tidak diundang ke obrolan grup setelah beralih ke ponsel Android.

"Jangan membuat kesalahan keluarga ini - beralihlah ke WhatsApp untuk pesan yang lancar dan pribadi di semua jenis ponsel," demikian tagline dari iklan tersebut, yang juga menampilkan Ty Burrell (Phil Dunphy) dan Eric Stonestreet (Cameron Tucker).

Iklan WhatsApp ini muncul ketika Apple mulai menambahkan dukungan untuk Rich Communication Services (RCS) dalam iOS 18 untuk menggantikan standar SMS yang sudah tua. Meskipun Apple akan memperkenalkan RCS, iklan Meta tetap menekankan masalah-masalah yang sudah lama terjadi terkait "gelembung hijau" dalam pesan, meskipun WhatsApp mungkin hanya memiliki beberapa bulan untuk membuat poinnya sebelum dukungan RCS tersedia di iOS 18.

Apple hampir tidak memberi perhatian pada rencana RCS-nya dalam acara utama WWDC mereka awal bulan ini, dan masih belum banyak yang diketahui tentang implementasi RCS di iOS 18. Meskipun demikian, dukungan RCS dalam iOS 18 tetap menjadi hal besar yang mungkin membuat WhatsApp semakin sulit meyakinkan pengguna iPhone untuk beralih ke platform mereka.

Bagi penggemar Modern Family, melihat sebagian dari pemeran asli kembali bersama untuk momen singkat ini memberikan pengingat yang menyenangkan akan warisan acara tersebut, meskipun tidak ada rencana untuk reboot Modern Family yang diumumkan oleh Hollywood Reporter setelah acara tersebut berakhir empat tahun lalu.