Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan, pemilik raksasa teknologi SpaceX dan Tesla, Elon Musk akan menjadi tamu di World Water Forum ke-10, yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali.

“Soal Elon Musk di World Water Forum, itu beliau adalah tamu undangan dan beliau akan menyampaikan speech-nya (pidato) di forum pembuka,” ujar Menkominfo dikutip dari situs pemberitaan resmi Ditjen IKP Kominfo, Infopublik pada Minggu, 19 Mei.

Tidak hanya itu, Menkominfo Budi juga menyebutkan kedatangan Elon Musk ke Bali adalah untuk meresmikan pengoperasian Starlink di Puskesmas kota Denpasar dan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, Starlink akan meresmikan pengoperasiannya nanti sore jam 16.30 WITA di Puskesmas Denpasar.

Kehadiran Elon Musk di acara World Water Forum Bali diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi Indonesia, khususnya Bali, sebagai lokasi penyelenggaraan berbagai event internasional.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail mengatakan pada hari Jumat bahwa Starlink sudah memiliki izin untuk beroperasi di Indonesia.

Bahkan, Starlink sudah membayar tarif frekuensi yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2023 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Frekuensi Starlink pasti bayar. Spektrum frekuensi yang berkaitan dengan satelit itu ada tarifnya, ada aturannya,” tegas Ismail.