Bagikan:

DENPASAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Elon Musk akan tiba di Bali pada Minggu (19/5).

Peresmian pemasangan Starlink akan dipusatkan di salah satu layanan kesehatan (Puskesmas) di Kota Denpasar Bali. 

"Hari Minggu dia datang mudah-mudahan tidak ada perubahan. (Lokasinya) sudah ada di Puskesmas di Denpasar," kata Luhut di Denpasar, Jumat, 17 Mei.

Sementara itu, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) Marsekal Madya (Marsdya) TNI M Khairil Lubis memastikan pengawalan kedatangan Elon Musk sesuai prosedur tingkat  menteri.

"Elon Musk bukan termasuk kepala negara, sama setingkat menteri. Jadi pengamanannya sama selevel menteri. Tidak ada pengamanan-pengaman khusus karena semua diperlakukan (setara menteri)," ujarnya.

 

Luhut sebelumnya mengatakan layanan Starlink akan diresmikan Presiden Jokowi bersama Elon Musk di sela-sela perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua, Bali. 

"Elon Musk akan meresmikan bersama Presiden Starlink untuk mempermudah komunikasi di daerah terpencil. Ini akan dilakukan pada hari Minggu (19/5)," katanya, Selasa, 14 Mei.

Terkait dengan layanan Starlink di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi beberapa waktu lalu menyebutkan penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, akan lebih banyak menjangkau area yang selama ini memiliki tantangan geografis dan tak tersentuh PJI lokal karena teknologinya yang berbasis satelit, yaitu satelit low earth orbit (LEO).

Adapun status perizinan Starlink saat ini, kata dia, sudah memenuhi uji laik operasi (ULO) yang artinya perusahaan milik pebisnis Elon Musk itu sudah memiliki izin sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia.

Budi mengatakan Starlink tidak bakal merusak ekosistem milik penyelenggara jasa internet (PJI) lokal yang sudah terlebih dahulu beroperasi di Indonesia.