Bagikan:

BADUNG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan layanan internet Starlink milik CEO SpaceX Elon Musk bakal diujicobakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga saat ditemui wartawan di kawasan Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Bali, Senin, 20 Mei.

"Ada beberapa titik yang mau diuji coba Starlink di IKN," ujar Danis.

Danis menyebut, ada beberapa titik yang bakal diujicobakan layanan internet Starlink. Namun, dia belum dapat merincikan lebih lanjut soal titik-titik lokasinya.

"Saya lupa berapa titiknya, tapi yang saya ingat ada di rumah sakit sekitar Sepaku. Ada beberapa titik itu kerja sama antara Otorita IKN dengan kalau nggak salah Tony Blair Foundation," katanya.

Rencananya, kata Danis dirinya bakal melakukan pengecekan ke IKN pada pekan depan.

"Saya mau cek minggu depan ke sana. Enggak tahu istilahnya, tapi sudah ada titik itu," ucap dia.

Saat ditanyai lebih lanjut apakah Elon Musk juga akan melakukan kunjungan ke IKN, Danis belum mengetahui informasi tersebut.

"Saya belum dengar," imbuhnya.

Sebelumnya, CEO SpaceX Elon Musk resmi mengawali uji coba layanan internet Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod, Denpasar, Bali, pada Minggu, 19 Mei 2024.

Dalam kunjungannya, Musk menyampaikan pandangannya mengenai potensi Starlink dalam mendukung sektor kesehatan dan pendidikan di Indonesia. "Ini (Starlink) untuk kesehatan dan saya rasa bisa ditransformasikan untuk pendidikan juga. Kalau Anda bisa mengakses internet, Anda bisa mempelajari segalanya," ujarnya.

Setelah berkeliling dan mendengarkan hasil uji coba Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod, Musk melakukan penandatanganan kerja sama yang didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono.