Elon Musk Bakal Pasang Akses Internet di IKN Nusantara
Elon Musk. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia melalui anak usaha dari SpaceX yakni Starlink.

Luhut bilang, Stralink akan masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk penyediaan akses internet.

Hal itu dipastikan setelah dirinya berkomunikasi dengan CEO SpaceX tersebut via telepon pada Jumat, 2 Februari .

“Saya dengan Elon Musk telepon minggu lalu, hari Jumat. Kan Starlink mau masuk (berinvestasi), saya kira hampir selesai persyaratannya,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, ditulis Kamis, 8 Februari.

Setelah Starlink melengkapi persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sambung lanjut, selanjutnya harus melakukan proses Uji Laik Operasi (ULO) dalam kurun waktu sepekan.

Luhut bilang, setelah dinyatakan lulus uji dan mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo, maka Elon Musk bisa datang ke Indonesia untuk melakukan peresmian investasi. Rencananya, seremoni akan dilakukan di IKN.

“Begitu laik operasi jalan, lima hari kemudian dia bisa datang. Kalau dia datang kita sudah usul dia ke IKN, karena dia mau launching katanya di IKN, dan di puskesmas yang dekat IKN,” ujarnya.

Menurut Luhut, investasi Starlink di IKN ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tersedia jaringan internert yang memadai, khususnys di puskesmas-puskesmas sekitar IKN.

“Supaya puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan komunikasi, dengan Starlink jadi bisa terjangkau, sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau,” ucap Luhut.