Bagikan:

JAKARTA - DANA, perusahaan teknologi keuangan yang menyediakan platform pembayaran dan layanan keuangan digital, mengumumkan Rudiantara sebagai Komisaris Utama DANA yang aktif bergabung pada April 2024.

Sebagai informasi, sebelum bergabung dengan DANA, Rudiantara sempat menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2014-2019. Dia juga merupakan seorang profesional di bidang telekomunikasi dan pernah berkarier di Indosat, Telkomsel, dan Excelcomindo (kini XL Axiata). 

Kehadiran Rudiantara membuat DANA terus meneguhkan komitmennya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Terutama adopsi teknologi Artificial Intelligence (AI), guna memperkuat berbagai fitur dan layanan keuangan digitalnya.

“Potensi pertumbuhan DANA pun masih sangat besar, mengingat jumlah unik pengguna layanan seluler di Indonesia mencapai lebih dari 240 juta. Oleh karena itu, semua dapat berperan serta meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” kata Rudiantara dalam pernyataan yang diterima pada Rabu, 23 April. 

Sejak tahun 2018, jumlah mitra UMKM DANA terus tumbuh hingga mencapai 700 ribu dan rata-rata transaksi harian yang meningkat sebesar 102 persen (YoY). Selain itu, jumlah UMKM yang menggunakan QRIS DANA sebagai merchant pun meningkat sebesar 37 persen pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022.

DANA menjadi salah satu penyedia jasa pembayaran non bank pertama yang telah mengimplementasikan inovasi pembayaran lintas negara, QR Cross Border di tiga negara, yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Dukungan inovasi seperti implementasi AI, pun ikut membangun optimisme DANA mengembangkan pembayaran serta layanan keuangan digital Indonesia. Teknologi AI telah DANA gunakan untuk membantu kendala pengguna melalui asisten digital Customer Care DIANA, hingga melakukan personalisasi solusi keuangan pengguna dan memperkuat keamanan transaksi digital.

Selanjutnya, DANA akan terus berfokus untuk meningkatkan kualitas layanan serta meluncurkan produk yang berkesesuaian dengan kebutuhan masyarakat Indonesia melalui teknologi terdepan.