Erick Thohir Resmi Mengangkat Rudiantara Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia
Komisaris Utama Semen Indonesia, Rudiantara. (Foto: Instagram @rudiantara_id)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen semen pelat merah, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) hari ini, Jumat 19 Juni menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang salah satunya adalah pergantian komisaris.

Dalam RUPST tersebut, disetujui pengunduran diri Soekarwo sebagai Komisaris Utama. Sebagai gantinya, RUPST Semen Indonesia menyetujui pengangkatan Rudiantara sebagai Komisaris Utama.

Rudiantara dikenal sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia pada Kabinet Kerja tahun 2014-2019. Rudiantara adalah profesional di bidang telekomunikasi dan pernah berkarier di Indosat, Telkomsel, Excelcomindo, dan Telkom. Rudiantara juga pernah bekerja di PLN sebagai Wakil Direktur Utama.

Suasana RUPST Semen Indonesia. (Foto: Semen Indonesia)

Selain pergantian komisaris, RUPST PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp239,22 miliar atau setara dengan 10 persen dari perolehan laba bersih perusahaan dengan brand SIG ini di sepanjang 2019 yang sebesar Rp2,39 triliun.

"RUPS Tahunan 2020 di Jakarta. Rapat antara lain menyetujui penetapan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk (laba bersih) 2019 sebesar Rp2,39 triliun yang diperuntukkan sebagai dividen sebesar 10 persen atau Rp239,22 miliar," kata Direktur Semen Indonesia, Adi Munandir.

Sementara itu, lanjut Adi, sebesar 90 persen dari laba bersih di 2019 atau senilai Rp2,15 triliun ditetapkan sebagai dana cadangan lainnya.

Adapun berikut ini adalah susunan Dewan Komisaris dan Direksi Semen Indonesia pasca RUSPT hari ini:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Rudiantara

Komisaris: Hendrika Nora Osloi Sinaga

Komisaris: Sony Subrata

Komisaris: Astera Primanto Bhakti

Komisaris: Lydia Silvanna Djaman

Komisaris Independen: Mochamad Choliq

Komisaris Independen: Nasaruddin Umar

Direksi

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso

Direktur Produksi: Benny Wendry

Direktur Strategi Bisnis & Pengembangan Usaha: Fadjar Judisiawan

Direktur Keuangan: Doddy Sulasmono Diniawan

Direktur Pemasaran & Supply Chain: Adi Munandir

Direktur Engineering & Project: Tri Abdisatrijo

Direktur SDM & Hukum: Tina T Kemala Intan

Sekadar informasi, Semen Indonesia tahun 2019 mencatatkan pendapatan sebesar Rp40,37 triliun, naik 31,5 persen dibanding tahun 2018 sebesar Rp30,69 triliun. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp2,39triliun. Sementara laba per saham dasar tercatat Rp403.

Kinerja penjualan Semen Indonesia tahun 2019 secara konsolidasi mencatatkan total volume penjualan domestik dan ekspor sebesar 42,61 juta ton, termasuk penjualan dari Thang Long Cement (TLCC) Vietnam. Volume penjualan tersebut naik 28,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2018 sebesar 33,17 ton.