Bagikan:

 

JAKARTA – Pembaruan Windows bisa mengalami berbagai masalah, seperti proses instalasi yang tiba-tiba berhenti atau instalasi sistem yang gagal dilakukan. Jika Anda mengalami hal ini, ada cara untuk mengatasinya.

Anda mungkin menyadari bahwa pembaruan sistem Windows tidak berjalan dengan baik karena persentase penyelesaiannya tidak menunjukkan pergerakan. Mengutip dari Makeuseof, hal ini bisa terjadi karena Anda menggunakan laptop model lama.

Saat proses pembaruan berjalan dengan sangat lambat, Anda bisa melakukan boot OS dalam mode aman menggunakan pembersih cache. Anda juga bisa menggunakan Pemulihan Sistem untuk memutar pembaruan kembali ke waktu sebelumnya.

Anda bisa melakukan perbaikan cepat dengan mencoba ulang proses instalasi. Anda harus menyalakan ulang sistem, memutuskan semua sambungan drive yang terpasang, dan menonaktifkan semua VPN jika perangkat Anda memang menggunakannya.

Setelah itu, periksa apakah perangkat Anda memiliki disk dengan ruang yang cukup. Jika kapasitasnya hanya berjarak sedikit dari yang dibutuhkan, hapus beberapa file dan folder untuk mengosongkan ruang disk dan nonaktifkan aplikasi anti-virus untuk sementara waktu.

Jika cara di atas masih tidak berhasil, perangkat Anda sepertinya memang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengunduh sistem terbaru. Selama pembaruan tetap berjalan, meskipun sangat lambat, pembaruan seharusnya tetap berhasil dilakukan.

Pastikan bahwa konektivitas atau kecepatan jaringan Anda berjalan dengan lancar. Semakin lama model perangkat yang Anda gunakan, pembaruan sistemnya bisa berjalan lebih lambat dari yang seharusnya.